Bupati Gusnan: Kalau Kinerja Kepala Desa Baik, Ini Keuntungan Tidak Terduga yang Didapat

Bupati Gusnan: Kalau Kinerja Kepala Desa Baik, Ini Keuntungan Tidak Terduga yang Didapat

Pengambilan sumpah jabatan 15 Kades terpilih yang dilakukan oleh Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi,SE.MM-Fahmi-radarbengkulu.disway.id

Apalagi saat ini seluruh desa juga sudah menjalin kerjasama dengan pihak Kejaksaan dalam sisi pembinaan hukum. Untuk itu, kepada Kades yang baru dilantik, lebih baik bertanya kepada pihak pendampingan hukum untuk mengetahui apa saja nantinya dalam proses pemerintahan yang dapat melanggar hukum.

Lebih baik mengetahuinya sejak dini agar bisa lebih berhati - hati dalam menjalankan roda pemerintahan.

BACA JUGA:Tiga Kabupaten di Provinsi Bengkulu Tak Disinggahi Roadshow Bus KPK

 

"Kades mempunyai tanggungjawab yang besar. Istri seorang kades juga ikut mempunyai tanggungjawab sebagai Ketua PKK didesa. Artinya, istri Kades juga harus mampu menjalankan program PKK yang ada. Kalau kita sebagai istri tidak mau, maka segera minta surat pemberhentian sebagai istri Kades,"canda Gusnan.

Mengapa demikian? Karena, sebagai ketua PKK dan juga sebagai Bunda PAUD harus mampu menggerakkan aktivitas didesa. Seperti pergerakan ekonomi, ketahanan pangan, kesehatan. Bahkan yang lebih penting lagi, harus mampu menjalankan program Pemerintah Pusat dalam pencegahan stunting.

BACA JUGA:Harimau Masuk Kebun 14 Ekor Anjing Warga Tiga Desa Hilang, Petugas Nyalakan Petasan Untuk Mengusirnya

 

"Yang lebih penting juga bagi Kades yang baru dilantik, sebentar lagi kita akan menghadapi Pemilu pada tahun 2024.  Sebagai Kades, harus mampu menciptakan Pemilu yang aman dan damai. Begitu juga kepada yang menjadi lawan politik pada saat mencalon Kades, harus mampu merangkul. Karena, lawan politik itu bisa menjadi musuh abadi. Untuk itu, bagaimana caranya, kita harus memberikan kesejukan kepada yang menjadi lawan kita. Begitu juga masyarakat yang mendukungnya. Ajak semua untuk bersama - sama membangun desa,"ucap Gusnan.

BACA JUGA:Harga Pupuk Makin Mahal, Abu Janjang Sawit jadi Alternatif Petani

 

Kajari Bengkulu Selatan, Hendri Hanafi,SH.MH mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah mengumpulkan  15 Kades terpilih dan belum dilantik.

Pihaknya sudah mengingatkan terkait perpindahan administrasi,  baik itu persoalan anggaran yang masih tersisa,buat berita pertanggungjawaban. Jangan sampai nantinya Kades terpilih mempertanggungjawabkan anggaran sampai awal Januari 2023.

 

BACA JUGA:TPID Kabupaten Tanah Datar Belajar ke Bengkulu Utara Karena Dinilai Sukses Kendalikan Inflasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id