10 Tips Cinta Alquran, Nomor 9 Bikin Hidup Kita jadi Tenang dan Damai

10 Tips Cinta Alquran, Nomor 9 Bikin Hidup Kita jadi Tenang dan Damai

Ilustrasi belajar membaca Alquran-Ist-radarbengkulu.disway.id

3. Menulis Catatan

Tren baru yang hebat belakangan ini adalah apa yang disebut dengan Quran Journaling, yaitu membaca satu ayat Alquran dan kemudian menulis beberapa catatan tentang apa arti dari suatu kata, lalu menghubungkannya dengan realitas kehidupan kita, serta bagaimana dapat menerapkannya. Beberapa orang malah membubuhi keterangan, mewarnai dan menyorot catatan mereka dan membuat infografis visual.

 

4. Pelajari Tajwid yang Benar

Selain membaca dan merenungkan. Alquran adalah kitab yang dimaksudkan untuk dibaca. Berusahalah secara sadar untuk belajar tajwid dengan mencari guru, atau menonton video di youtube. Berusaha! Ini akan dimulai dengan cukup sulit, tetapi seiring waktu kita akan menikmati keindahan membaca Alquran.

 

5. Belajar Tafsir

Alquran adalah firman Tuhan, dan tidak perlu dikatakan lagi bahwa firman Tuhan sangat mendalam dan abadi. Jadi memahaminya membutuhkan menyelam lebih dalam ke makna di balik kata-kata itu. Dengan membaca kitab-kitab tafsir, kita akan merasakan alasan mengapa ayat-ayat itu diturunkan, konteks historisnya, serta hukum-hukum yang menyertainya. Ini tidak hanya akan membantu kita memahami mengapa ayat-ayat tersebut mengatakan apa yang mereka katakan, tetapi juga bagaimana mereka dapat berhubungan dengan kehidupan kita sendiri.

 

6. Belajar Bahasa Arab

Mirip dengan sebelumnya, salah satu cara terbaik untuk terhubung dengan makna Alquran yang lebih dalam adalah dengan belajar bahasa Arab. Jangan khawatir! Ini kedengarannya menakutkan, tetapi lakukan satu langkah demi langkah. Bahkan mempelajari beberapa kata kunci akan membantu kita memahami bagian-bagian dari Alquran saat membaca, dan sebagai bonus epik, akan meningkatkan fokus kita selama salat!

 

7. Bergabung dengan Kelompok Studi Alquran

Kita tahu betapa sulitnya menemukan motivasi melakukan ini sendiri. Jadi, salah satu saran terbaik yang bisa dilakukan adalah bergabung dengan kelompok belajar lokal. Tanyakan kepada Masjid, kelompok pemuda, atau komunitas pelajar setempat tentang apa yang tersedia dan hadiri secara teratur. Bonusnya adalah kita akan mendapatkan banyak teman hebat dalam prosesnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id