Etika Menggunakan Media Sosial

Etika  Menggunakan Media Sosial

Dr. H. Rozian Karnedi, M.Ag-Adam-

Khutbah Jumat kali ini akan membahas etika menggunakan media sosial. Yakni, sebagai berikut :

BACA JUGA:10 Tips Cinta Alquran, Nomor 9 Bikin Hidup Kita jadi Tenang dan Damai

 

1. Tidak Boleh  Menyampaikan Berita Bohong Atau HOAX

 

Jika ada berita atau informasi, jangan langsung dishare. Tetapi, hendaklah klarifikasi terlebih dahulu. Allah berfirman dalam surah Al-Hujuraat: 6  yang  artinya : '' Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.'' ( QS Al-Hujurat: 6)

 

2. Tidak Boleh Ghibah

Dalam surah Al-Hujurat: 12 Allah berfirman yang artinya : “Wahai orang-orang yang beriman! Jauhilah banyak dari prasangka, sesungguhnya sebagian prasangka itu dosa dan janganlah kamu mencari-cari kesalahan orang lain dan janganlah ada diantara kamu yang menggunjing sebagian yang lain.

Apakah ada diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Tentu kamu merasa jijik. Dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat, Maha Penyayang.” (QS Al-Hujurat:12)

         

3. Tidak Boleh  Namimah (Adu Domba Atau Provokasi)

 

Allah berfirman  yang Artinya:

“Dan janganlah engkau patuhi setiap orang yang suka bersumpah dan suka menghina, suka mencela, yang kian kemari menyebarkan fitnah.” (QS Al-Qalam: 10-11)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id