Gubernur Rohidin Ungkap Keuntungan Transaksi Menggunakan QRIS, Salah Satunya Terhindar dari Uang Palsu

Gubernur Rohidin Ungkap Keuntungan Transaksi Menggunakan QRIS,  Salah Satunya Terhindar dari Uang Palsu

Senam bersama penutupan acara--

RADARBENGKULU. DISWAY.ID - Ribuan orang ikut senam sekaligus menyaksikan sosialisasi Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah dan Sosialisasi QRIS.

Kegiatan ini digelar Kantor Pewarwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu dengan acara senam sehat kebugaran jasmani berhadiah di salah satu mall di Kota Bengkulu.

BACA JUGA:Tidak Ada Hal, Sekretariat Rabhitah Alawiyah di Provinsi Bengkulu Pindah di Jalan Danau

 

Senam sehat  yang juga diikuti oleh Gubernur Bengkulu, Kepala OJK, Rektor UNIB, Kejati, Danrem, Polda Bengkulu beserta FKPD ini merupakan bagian dari kegiatan penutupan Pekan QRIS Nasional dan Festival Rupiah berdaulat di Bengkulu.

Gubernur Bengkulu, Dr. H. Rohidin Mersyah, MMA, usai membuka resmi puncak acara Pekan QRIS Nasional di hadapan ribuan massa menyebutkan, digitalisasi sistem pembayaran ini menguntungkan serta akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

BACA JUGA: Ediansyah Hasan: Masih Ada Harapan bagi Calon yang TMS

 

Gubernur mengatakan, jika masyarakat  betul-betul menggunakan transaksi QRIS secara menyeluruh, pastilah diperbankan dana pihak ketiga (DPK) itu secara otomatis akan meningkat.

"Banyak keuntungan yang diperoleh jika bayar menggunakan QRIS. Kalau kita menggunakan QRIS, salah satunya, kita rasakan pasti adalah  kita akan terhindar dengan namanya uang palsu.  Ya, sekarang kan masih sering kadang-kadang ditemukan transaksi bayar di UMKM belanja di pasar-pasar tradisional pasti diterima uang, lalu dicek kemudian palsu. Lalu apa lagi kegunaan menggunakan QRIS untuk transaksi sehari - hari ? jawabnya QRIS itu aman. Kenapa demikian ? Karena pengguna QRIS dapat meminimalisir tindak pidana perampokan uang tunai. Copet misalnya. Lalu, QRIS itu mudah. Misalkan ketika dompet tinggal mau belanja cukup scand barcode saja lewat HP.  Kita harus sudah membiasakan diri dengan menggunakan metode QRIS," ungkap Gubernur Rohidin.

BACA JUGA:Wow! Ini Kriteria Yang Boleh Dipilih jadi Pemimpin Versi Suku Rejang, Perlu Ditiru Cik!

 

QRIS ini, lanjutnya,  transaksinya menembus batas.  Mudah sekali. Bisa dilakukan kapan saja. Dimana saja. Dengan nilai berapa saja dan cepat. 

 

"Dampak QRIS ini membawa kemajuan bagi kita semua. Jadikan QRIS ini sebagai bagian dari gaya hidup  dalam bertransaksi.  Gaya baru kekinian untuk merespon serta mengikuti dinamika peradaban perekonomian. Khususnya transaksi pembayaran. Para stakeholder saya minta jelaskan betul ke bawah sampai ke masyarakat, pelaku UMKM kita tinggalkan budaya konvensional ini ekonomi. Kita sudah harus  bergerak maju. Sekali lagi harus menjadi bagian dari gaya hidup kita masing-masing," ucapnya.

 

Disamping itu Gubernur Rohidin menyebutkan perannya sebagai pemerintah dan para pemangku kepentingan agar digitalisasi pembayaran di Bengkulu semakin masif dan terbiasa oleh masyarakatnya.

"Pemerintah beserta jajarannya terus mendorong perkembangan digitalisasi pembayaran. Pemerintah juga terus berupaya meningkatkan ekonomi pendapatan masyarakatnya dengan berbagai program untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Begitu juga dari sisi UMKM nya, kita selalu perkuat, kita dorong agar dapat berkembang," jelasnya.

BACA JUGA:Habib- Habib Berkumpul di Pesantren Darussalam, Ada Acara Apa?

 

Gubernur Bengkulu juga menanggapi tentang Cinta Bangga Paham Rupiah. Rohidin mengatakan, Rupiah itu menjadi salah satu simbol kedaulatan bangsa yang harus kita jaga. Kita pergunakan agar dia betul-betul berdaulat di negara kesatuan Republik Indonesia. Tidak ada mata uang yang lain kecuali rupiah. 

"Salah satu bentuk rupiah nyata rupiah berdaulat, yakni secara spontan kalau  buka dompet kita di kantong masing-masing yang keluar itu harus rupiah. Jangan sampai dollar, ringgit  atau mata uang asing. Saya minta dukungan dari seluruh elemen masyarakat para pemangku kepentingan,  mari kita wujudkan secara bersama-sama agar rupiah berdaulat di Bumi Rafflesia," katanya.

 

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu, Darjana dalam keterangannya mengungkapkan optimisme pertumbuhan ekonomi Bengkulu yang disertai dengan pertumbuhan dan trend positif digitalisasi keuangan.

Darjana menyebut pertumbuhan ekonomi Bengkulu tercatat tetap kuat. Kemudian inflasi juga tercatat terkendali dan stabil.

BACA JUGA: Wah Senangnya, 321 Narapidana Bengkulu Utara Gembira, 5 Orang Diantaranya Merdeka

 

Lalu  tak terlewatkan trend digitalisasi, khususnya sistem pembayaran sampai tiwulan 2 untuk transaksi uang elektronik meningkat 14,82% dengan transaksi sebesar Rp111,35 triliun.

Demikian juga untuk transaksi digital banking, meningkat 11,6% dengan transaksi Rp13,82 triliun. Sementara untuk Provinsi Bengkulu Alhamdulillah transaksi kartu kredit meningkat 18,33%. Dan khususnya untuk transaksi uang elektronik Alhamdulillah tubuh 17,21% lebih tinggi dari nasional.

 

"Terima kasih untuk kerjasama semua pihak untuk pencapaian ini.  Selanjutnya kita akan terus mendorong penguatan digitalisasi sistem pembayaran, khususnya untuk transaksi UMKM. 

"Informasi dari Bapak Gubernur,  In shaa Allah kita juga akan bisa melaksanakan transaksi antar negara, khususnya antara Indonesia, Bengkulu dengan Malaysia. Dimana UMKM kita sudah go Expor ke sana. Kemudian juga dalam rangka HUT kemerdekaan RI ini kami bersama-sama dengan pemerintah daerah Provinsi Bengkulu dengan  Bank Bengkulu dengan jajaran BMPD  maupun FKIJK  kita bersama-sama telah melaksanakan pekan QRIS nasional 2023 dengan tema wujudkan semangat 45 QRISnya satu menangnya banyak," katanya.

BACA JUGA:Jangan Iri Ya! 142 Kades Bengkulu Tengah Terima Sepeda Motor

 

Darjana menyampaikan, sebagai informasi jumlah pengguna QRIS Provinsi Bengkulu sampai dengan bulan Juni mencapai sekitar 162.199 orang dengan jumlah merchant atau UMKM penjual sampai dengan Juli mencapai 135.313 penjual.

Adapun jumlah frekuensi penggunaan mencapai sekitar 744.656 transaksi dengan nilai sekitar 101,83 miliar rupiah. Angka ini terus mengalami kenaikan setiap bulannya dan menunjukkan betapa diminatinya pembayaran melalui QRIS ini.

BACA JUGA:Para Pejabat Bengkulu Utara dan Masyarakat Berkumpul di Balai Daerah, Ada Apa?

 

Disisi lain,berhadiah 3 unit motor dan beragam alat elektronik,  senam kebugaran jasmani, menang sejuta berkah yang diselenggarakan Bank Indonesia di lapangan parkir salah satu mall terbesar di Bengkulu ini sangat antusias diikuti warga.

Ribuan peserta senam yang ikut telah bertransaksi menggunakan QRIS 1 rupiah untuk mendapatkan kupon hadiah yang diundi secara acak. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id