Wow! Ini Kriteria Yang Boleh Dipilih jadi Pemimpin Versi Suku Rejang, Perlu Ditiru Cik!

Wow! Ini  Kriteria Yang Boleh Dipilih jadi Pemimpin Versi  Suku Rejang, Perlu Ditiru Cik!

Azmaliar Zaros, Wartawan RADARBENGKULUONLINE.COM-Yar-

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Suku Rejang merupakan  salah satu suku yang mendiami Provinsi Bengkulu. Sejak dahulu kala, suku Rejang ini sudah mempunyai budaya yang tinggi.

Mereka sudah punya huruf tersendiri yang kini masih dirawat dan dilestarikan pemerintah daerah setempat. 

BACA JUGA:Menyingkap Tambo Suku Rejang di Provinsi Bengkulu (8) - Kriteria yang Bisa Dipilih jadi Raja

 

Hanya itu? Masih ada lagi. Suku Rejang  sudah punya kriteria khusus untuk memilih orang yang bisa dijadikan seorang pemimpin. Wow! Bagus sekali. Jadi, pas sekali dipelajari, perlu ditiru dan diterapkan untuk orang-orang yang ingin jadi pemimpin dimasa  kini dan masa yang akan datang.

Seperti menjadi Presiden, Wakil Presiden, Gubernur, Wakil Gubernur, Walikota, Bupati, anggota DPRD, Ketua OSIS, Ketua organisasi pemuda, ketua organisasi karang taruna, ketua organisasi daerah. 

BACA JUGA:Menyingkap Tambo Suku Rejang di Provinsi Bengkulu (7) - Mufakat Besar Menetapkan Adat Tiang IV

 

Sebelum menentukan kriteria yang boleh dipilihjadipemimpin versi Suku Rejangmereka melakukan musyawarah bersama-sama. Tidak ditentukan oleh satu orang atau orang tertentu saja. Hasil keputusan musyawarah yang dibolehkan untuk diangkat jadi raja atau pasirah adalah orang tertentu saja. Tidak boleh sembarangan orangnya. Berbahaya cik!

Adapun kriteria tersebut, yaitu adalah orang berakal, orang bangsawan (Orang asal), orang berilmu, orang berharta, orang sabar.

BACA JUGA:Menyingkap Tambo Suku Rejang di Provinsi Bengkulu (6) - Tuan Biku Sepanjang Djiwo Tinggalkan Rejang

 

Sedangkan orang yang tidak boleh menjadi raja atau pasirah antara lain orang bingung. Sebab, orang bingung tiada mengeluarkan paham atau pikiran.

Kemudian orang miskin. Sebab orang itu tamak pada emas dan perak, adat pusaka dijualnya. Orang yang rendah bangsanya, sebab dia hendak melebihi bangsa yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id