Pemkab Bengkulu Tengah Lakukan Ini untuk Antisipasi Penyakit Rabies

Pemkab Bengkulu Tengah Lakukan Ini untuk Antisipasi Penyakit Rabies

Warga Resah Anjing Liar Berkeliaran dilingkungan rumah-Agus-radarbengkulu.disway.id

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Dinas Pertanian Bengkulu Tengah (Benteng) terus mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap hewan pembawa rabies.  Seperti kucing dan anjing. 

Seperdi dikeetahui, di Benteng sendiri setidaknya terdapat 6.312 kucing dan 5.060 anjing yang berkategori hewan pembawa rabies.

BACA JUGA:609 Bacaleg DPRD Provinsi dan 12 Bakal Calon DPD RI Dapil Bengkulu Masuk DCS

 

Kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Bengkulu Tengah, Gilbert , sejak awal tahun 2023, pihaknya telah lakukan vaksinasi kepada sejumlah hewan pembawa rabies tersebut.

"Totalnya ada 1.000 vaksin sudah kami distribusikan. Hingga bulan Agustus 2023 sudah 500 vaksin yang digunakan untuk memberantas penyakit rabies itu," terangnya. 

BACA JUGA:GenRe Bengkulu Tanam Ratusan Pohon Mangrove di Muara Lempuing

 

Menurutnya, vaksinasi yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Benteng sekarang ini masih berkolaborasi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bengkulu.

Sementara itu, Dari data Dinkes tahun 2022 kemarin, ada 97 orang digigit oleh hewan rabies dan mendapatkan penanganan khusus.  Namun, dari hasil pengecekan, 97 orang tersebut negatif rabies.

BACA JUGA: TPA Sampah Air Sebakul jadi Sasaran Kirab Pemilu 2024

 

"Meski demikian, semuanya tetap kita berikan, vaksin anti rabies," terang Kabid P2P Dinkes Bengkulu Tengah, Yoki Hermansyah.

Ia mengimbau masyarakat yang digigit oleh hewan pembawa rabies segera melaporkan hal tersebut ke puskesmas terdekat agar pihak Puskesmas bisa segera melaporkan ke Dinkes Bengkulu Tengah dan vaksin anti rabies bisa segera dikeluarkan oleh tim medis Puskesmas untuk antisipasi penyakit rabies. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id