Begini Cara Cek Aplikasi Pinjol Legal atau Ilegal, Ayo Pelajari

Begini Cara Cek Aplikasi Pinjol Legal atau Ilegal, Ayo Pelajari

Begini Cara Cek Aplikasi Pinjol Legal atau Ilegal, Ayo Pelajari--

 

 

 

RADARBENGKULU,DISWAY.ID - Zaman serba canggih saat ini berbagai informasi terus mengalir. Bahkan disejumlah sosial media sering berseliweran informasi yang menawarkan pinjaman uang secara online atau pinjol.

 

Nah, tentu kita tidak boleh sembarangan langsung percaya bujuk rayu para sales pinjol. Ada baiknya kita mencari tahu terlebih dahulu apakah aplikasi pinjol itu sudah terdaftar di otoritas jasa keuangan (OJK) atau belum. 

 

BACA JUGA:Mudah Banget, 5 Langkah Upgrade Dana Premium Gratis

Sebab setiap penyelenggara fintech lending atau pinjol, wajib sudah terdaftar di OJK. Ayo simak artikel ini, sehingga kamu bisa tahu cara cek legalitas pinjol agar tidak terjebak dan terjerumus dalam pinjol ilegal.

 

Dilansir RADAR BENGKULU dari laman web Indonesiabaik.id, berikut tutorial cara cek pinjol. 

 

Ada tiga cara yang bisa anda lakukan untuk memastikan legalitas pinjol. 

 

Pertama, anda akses langsung website OJK di alamat www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/Default.aspx

 

Bisa juga anda akses www.ojk.go.id. Setelah berhasil masuk, maka pilih menu IKNB, kemudian pilih Fintech di kanan bawah.

 

Langkah kedua, anda bisa juga mengakses WhatsApp OJK. Ini nomor WhatsApp resmi OJK 081-157-157-157. Buka aplikasi WhatsApp dan buka kontak yang sudah anda simpa tadi. Lalu ketik nama pinjol yang ingin anda cek. Contohnya, anda ingin cari tahu Pinjol.co, ketik dan kirim pesan. Nanti anda diminta untuk menunggu balasan dari pesan yang anda kirim. 

 

BACA JUGA:Menko Polhukam Beberkan Daftar Ancaman Pasal Untuk Pinjol Ilegal

Telepon 157 atau e-mail

Pengecekan bisa dilakukan melalui surat elektronik (e-mail) [email protected] atau melalui kontak resmi OJK di nomor 157.

 

 

Demikian informasi cara cek pinjol ilegal, lebih baik hati-hati sebelum terjebak. Semoga artikel ini bermanfaat. Simak juga informasi lainnya di RADARBENGKULU.DISWAY.ID. (**).

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id