Pendaftaran CPNS dan PPPK Kemenkumham Tahun 2023 Resmi Dibuka

Pendaftaran CPNS dan PPPK Kemenkumham Tahun 2023 Resmi Dibuka

Kantor kementerian hukum dan hak asasi manusia-Ist-

 

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Bagi kalian yang tengah berburu informasi seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK). Ada kabar baik bagi kalian yang ingin menjadi CPNS ataupun PPPK Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham). Dimana CPNS dan PPPK   Kemenkumham diketahui sudah dibuka sejak tanggal 20 September -09 Oktober mendatang.

Dikutip dari situs resmi kemenkumham.go.id, pihak Kemenkumham telah menyediakan 1000 kuota untuk penjaga tahanan se Indonesia. Dimana  untuk formasi formasi wanita umum 50 orang, pria umum sebanyak 941 orang, formasi pria Papua 6 orang, dan formasi pria Papua Barat 3 orang. 

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS Kemenkes 2023 Secara Online, Cek Link E Materai Disini

Sedangkan untuk jabatan dosen, Kemenkumham mempersiapkan formasi sebanyak 13 orang dan satu orang lulusan terbaik,serta satu orang di formasi disabilitas. Khusus untuk penjaga tahanan pendidikan pelamar minimal SLTA sederajat. Dimana formasi penjaga tanahan ini akan ditempatkan di seluruh Indonesia. Untuk penerimaan 15 dosen dari berbagai bidang keilmuan yang akan ditempatkan di unit pusat.

Disamping itu, untuk kuota penerimaan PPPK sebanyak 1563 orang. Dimana jumlah formasi itu dibagi sebanyak 1.135 formasi khusus dan 397 formasi umum, serta 31 formasi disabilitas. 

Formasi khusus itu akan diberikan kepada tenaga non ASN tentu harus memenuhi kualifikasi pendidikan dan memiliki pengalaman kerja paling sedikit dua tahun secara terus-menerus di Kemenkumham. 

Untuk PPPT ada  22 jabatan yang dibuka, baik yang dibuka untuk jenjang ahli bagi jabatan analis hukum, arsiparis, analis kekayaan intelektual pemeriksa desain industri, pemeriksa merek, pemeriksa paten, pranata komputer, dokter, dokter gigi, fisioterapis, apoteker, perawat, bidan, psikolog, terapis gigi dan mulut, serta yang terakhir penyuluh hukum.

Nah..bagi kalian yang tertarik untuk menjadi pegawai Kemenkumham, disarankan harus teliti mempersiapkan syarat dokumen yang diminta, sebab ketika syarat dokumen kalian tidak lengkap makan akan sulit lulus tahap awal yaitu tahap kelangkapan adminitrasi.

Bagi para peserta seleksi CPNS dan PPPK dapat melakukan pendaftaran di situs https://daftarsscasn.bkn.go.id/akun. Pembuatan akun hanya dapat dilakukan satu kali, dan peserta hanya bisa melamar di satu instansi dan satu jenis jabatan.

Disitu itulah nanti kalian harus mengunggah dokumen persyaratan masing-masing formasi dan jabatan. Kemudian kalian harus mengikuti sejumlah rangkaian seleksi, meliputi seleksi administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar, Seleksi Kompetensi Bidang, integaris nilai, hingga kelulusan akhir, itu untuk CPNS. 

Bagi PPPK, rangkaian seleksi mencakup seleksi administrasi, seleksi kompetensi, seleksi kompetensi teknis tambahan, sampai pengisian DRH Nomor Induk PPPK.

Bagi kalian yang ingin mendafkan informasi secara detail bisa memantau informasi seleksi Kemenkumham pada situs https://casn.kemenkumham.go.id. 

Proses seleksi CPNS dan PPPK di Kemenkumham gratis, seluruhnya berdasarkan prosedural dan berdasarkan kualitas diri para pendaftar. Andap menegaskan tidak ada jalur jasa titip dengan iming-iming atau imbalan tertentu. Jika ditemui adanya kecurangan, peserta dapat mengajukan pengaduan pada nomor Whatsapp +62819 1805 5789 / +62812 8875 1988 disertai bukti pendukung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id