Ujian Keimanan

Ujian Keimanan

Dr. Ismail, M. Ag-Adam-radarbengkulu

Bagaimana seorang bapak harus menyembelih anaknya yang sangat dicintai, padahal anaknya itu tidak melakukan kesalahan apapun. Dan di sini kita melihat bagaimana kualitas iman Nabi Ibrahim AS yang benar-benar sudah tahan uji, sehingga dengan segala ketabahan dan kesabarannya perintah yang sangat berat itupun dijalankan.

 

Apa yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS dan puteranya adalah pelajaran yang sangat berharga bagi kita, dan sangat perlu kita tauladani.

Nabi Yusuf AS, yang diuji dengan seorang perempuan cantik, istri seorang pembesar di Mesir yang mengajaknya berzina.

 

Dan kesempatan itu sudah sangat terbuka, ketika keduanya sudah tinggal berdua di rumah dan si perempuan itu telah mengunci seluruh pintu rumah. Namun Nabi Yusuf AS membuktikan kualitas imannya.

Ia berhasil meloloskan diri dari godaan perempuan itu, padahal sebagaimana pemuda umumnya ia mempunyai hasrat kepada wanita. Ini artinya ia telah lulus dari ujian atas imannya.

 

Sikap Nabi Yusuf AS itu perlu kita ikuti, terutama oleh para pemuda muslim di zaman sekarang, di saat pintu-pintu kemaksiatan terbuka lebar, pelacuran merebak di mana-mana, minuman keras dan obat-obat terlarang sudah merambah berbagai lapisan masyarakat, sampai-sampai anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar pun sudah ada yang kecanduan.

Perzinahan sudah seakan menjadi barang biasa, nauzubillah min dzalik. Pada saat seperti inilah sikap Nabi Yusuf AS perlu dijadikan contoh dan ditanamkan dalam dada para pemuda Muslim.

 

Nabi Ayyub AS juga diuji oleh Allah SWT dengan penyakit yang sangat buruk. Sehingga tidak ada sebesar lubang jarum pun dalam badannya yang selamat dari penyakit itu selain hatinya, seluruh hartanya telah habis tidak tersisa sedikitpun untuk biaya pengobatan penyakitnya dan untuk nafkah dirinya.

seluruh kerabatnya meninggalkannya, tinggal ia dan istrinya yang setia menemaninya dan mencarikan nafkah untuknya. Musibah ini berjalan selama delapan belas tahun. Meskipun pada akhirnya sembuh dari penyakitnya atas  seizin Allah SWT.

 

Ma’asiral Muslimin Jamaah Jumat Rakhimakumullah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu