Disebut sebagai Cagar Budaya, Ini Sejarah dari Tugu Thomas Parr

Disebut sebagai Cagar Budaya, Ini Sejarah dari Tugu Thomas Parr

Inilah Tugu Thomas Parr-Azmaliar Zaros-radarbengkulu

 

RADARBENGKULU - Tugu Thomas Parr adalah salah satu bangunan monumen yang terletak di Kota Bengkulu  dan didedikasikan kepada Thomas Parr, salah seorang Residen Inggris di Bengkulu yang terbunuh pada tahun 1887. 

Tugu tersebut dibangun setelah satu tahun kematiannya dan bangunan tersebut dianggap sebagai cagar budaya Kota Bengkulu. 

BACA JUGA:Jejak Sejarah Peninggalan Bung Karno di Bengkulu Masih Terawat dan Jadi Objek Wisata

 

Tugu ini berlokasi di Jalan Ahmad Yani di Subdistrik Kampung Cina Kota Bengkulu, dan tempatnya pun tidak jauh untuk diakses dari pusat kota. 

Monumen ini berjarak sekitar 170 meter dari Benteng Marlborough yang merupakan bekas pertahanan Inggris di wilayah tersebut. 

BACA JUGA:Begini Sejarah Dol di Bengkulu, Dulu Hanya Momen Tertentu Saja Boleh Dimainkan


Tugu Thomas Parr-Ist-radarbengkulu

 

Tugu Thomas Parr, berbentuk oktagonal seluas 70 meter persegi dan memiliki tinggi dengan ukuran 135 meter dengan adanya kubah diatasnya, karena kubah tersebut banyak orang lokal mengenalnya dengan sebutan kuburan bulek. 

Dahulunya Bengkulu jatuh dibawah kekuasaan Hindia Timur Inggris pada abad ke 17, sehingga perusahaan tersebut membangun sebuah benteng, salah satunya Benteng Marlborough dan memulai memerintah diwilayah tersebut. 

BACA JUGA:Wisata Sejarah Rumah Adat Bengkulu Bubungan Lima , Masyarakat Bengkulu Kamu Wajib Tahu 7 Ciri - Cirinya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu