Petani Bengkulu Keluhkan Kondisi Irigasi Sekunder yang Tak Kunjung Diperbaiki

Petani Bengkulu Keluhkan Kondisi Irigasi Sekunder yang Tak Kunjung Diperbaiki

Kondisi sawah di kelurahan dusun besar kota Bengkulu, petani minta irigasi sekunder diperbaiki-Windi-

 
RADAR BENGKULU - Petani Bengkulu yang berada di Dusun Besar mengeluhkan kondisi irigasi sekunder yang belum juga diperbaiki. Keluhan ini disampaikan kepada Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Bengkulu. Petani berharap infrastruktur penting ini dapat diperbaiki segera, mengingat akan memasuki musim tanam dalam waktu dekat.
 
Petani di wilayah tersebut menekankan pentingnya perbaikan sarana infrastruktur pertanian, khususnya irigasi sekunder, karena memiliki peran yang sangat vital dalam meningkatkan produktivitas padi di sawah Kota Bengkulu.
 
Ketua Kelompok Tani (Poktan) setempat, Hariadi, mengungkapkan bahwa banyak irigasi sekunder mengalami kebocoran sehingga tidak dapat mengalirkan air dengan baik.
 
“Memang kami sudah irigasi semua, namun irigasi kecil yang mengalir ke sawah masih belum dibangun dan banyak yang bocor,” ungkap Hariadi pada Kamis (30/11).
 
 
Hariadi menegaskan perlunya perbaikan irigasi sekunder segera dilakukan mengingat pentingnya persiapan sawah sebelum memasuki musim tanam pada bulan Januari. Dia menjelaskan bahwa lahan harus dialiri air agar tanaman padi dapat tumbuh subur.
 
“Lahan harus diairi agar kedepannya petani bisa melakukan penanaman, biasanya kami melakukan penanaman pada bulan Januari,” tambah Hariadi.
 
 
Sementara itu, Kepala Seksi Lahan dan Irigasi, Marwan, menyatakan bahwa DKPP Kota Bengkulu berkomitmen untuk segera memperbaiki irigasi sekunder. Namun, saat ini, kendala anggaran menjadi hambatan utama.
 
“Sebenarnya ingin diperbaiki seperti irigasi sekunder yang bolong, namun kita juga melihat anggaran yang ada tidak mencukupi,” kata Marwan.
 
Marwan menambahkan bahwa proyek pembangunan irigasi saat ini, di sekitar Dusun Besar Kota Bengkulu, merupakan bagian dari proyek Sumatera VII. Meskipun belum ada penyaluran anggaran dari DKPP untuk tahun ini, rencana pembangunan irigasi oleh DKPP tetap menjadi harapan ke depan.
 
“Pembangunan irigasi yang saat ini dikerjakan itu, kalau tidak salah, dari Sumatera VII. Untuk DKPP belum, namun rencana ada,” tutup Marwan. Semoga upaya perbaikan segera dapat dilakukan demi mendukung kelancaran dan kesuksesan musim tanam yang akan segera dimulai

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: