5 Tips Diet Turunkan Kreatinin Demi Menjaga Kesehatan Ginjal

 5 Tips Diet Turunkan Kreatinin Demi Menjaga Kesehatan Ginjal

Tips diet sehat demi menjaga kesehatan ginjal-ist-

 

RADAR BENGKULU - Ginjal merupakan organ tubuh yang berperan penting dalam fungsi tubuh manusia. Mulai dari mengatur keseimbangan air dan elektrolit hingga menyaring limbah atau sisa metabolisme.

 

 Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan ginjal adalah kreatinin. Kreatinin adalah senyawa yang tercipta dari sisa metabolisme otot. 

 

Ketika kreatinin digunakan sebagai penghasil energi dalam tubuh, senyawa ini dikeluarkan melalui urin. Jika kadar kreatinin di atas 1,4 berarti fungsi ginjal mengalami penurunan sebesar 50%. kadar kreatinin dapat menjadi indikator fungsi ginjal ideal dan hal ini dapat ditentukan melalui percobaan pemeriksaan laboratorium.

BACA JUGA:Jaga Ginjal Anda Dengan Rutin Konsumsi dan Minum Ini, Banyak di Pasar dan Mudah Ditemui

Secara umum, ketika kadar kreatinin meningkat, kondisi tersebut dapat mempengaruhi fungsi dan kinerja ginjal. Asupan protein, terutama yang berasal dari hewani, mempengaruhi kadar kreatinin.

 

Inilah sebabnya pasien penyakit ginjal perlu berhati-hati dengan apa yang mereka makan. Berikut beberapa tips diet untuk menghindari kadar kreatinin berlebihan dalam tubuh.

1. Kurangi protein

BACA JUGA:Minum Air Kelapa Hijau Membuat Ginjal Tetap Sehat

 Mengonsumsi makanan kaya protein secara langsung akan memberikan beban pada ginjal. Oleh karena itu, pasien ginjal harus lebih selektif dalam memilih asupan protein, terutama protein lemak. Sebaiknya konsumsi sumber protein tanpa lemak seperti ikan, unggas, dan protein nabati.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: