Ada 3 Kabupaten di Provinsi Bengkulu Belum Lunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji

Ada 3 Kabupaten di Provinsi Bengkulu Belum Lunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji

ada 3 kabupaten di Provinsi Bengkulu yang Calon Jemaah Hajinya belum satu pun melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih)-ist-

BACA JUGA:2 Ulama Muda Jawa Timur Mendoakan Kemenangan Prabowo-Gibran, Alasannya Kagum dengan Keluarga Besar Jokowi

 Hal ini menunjukkan adanya pengecualian untuk situasi tertentu, namun tetap menegaskan pentingnya pelunasan tepat waktu.

Jika CJH tidak melakukan pelunasan hingga batas waktu yang ditentukan, mereka dinyatakan tidak bisa berangkat pada tahun ini dan akan dijadwalkan kembali di tahun berikutnya. 

Allazi berharap agar CJH Provinsi Bengkulu dapat berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk memastikan kelancaran pelunasan.

"Segera berkoordinasi dengan Dinkes. Dorong terus agar Provinsi Bengkulu melakukan pelunasan tepat waktu. Bisa 100 persen seperti tahun 2023 kemarin," tutur Allazi.

Allazi menjelaskan bahwa telah dilakukan koordinasi dengan 3 kabupaten yang belum melakukan pelunasan. Selain itu, pihak Dinkes Provinsi Bengkulu juga sudah melakukan pengingat agar penguploadan istitaah kesehatan dapat dilakukan dengan segera.

"Tidak ada perpanjangan pelunasan setelah itu. Jadi harap bersabar bagi CJH, tetap berkoordinasi dengan Dinkes setempat. Kadang-kadang sinyal lemot, ada pula servernya tidak sanggup atau lambat, makanya belum upload seluruhnya," ujarnya.

Sementara itu Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu, Dr. H. Intihan, M.H, menambahkan bahwa kendala yang dihadapi terkait dengan input istitaah kesehatan yang masih dalam proses oleh tenaga medis atau tenaga kesehatan di seluruh Provinsi Bengkulu.

"Pada prinsipnya, mereka sudah melakukan pengecekan kesehatan. Tetapi, sistem aplikasi itu memang baru. Tetapi, kita yakini penundaan ini bisa berjalan baik, dengan waktu kurang 2 minggu ini," katanya.

Kendala satu-satunya dalam pelunasan haji ini adalah penginputan istitaah kesehatan yang masih berproses. Saat ini, proses bio visa sudah mencapai 83,2 persen, menjadi progres tertinggi secara nasional. Semua persiapan lainnya, termasuk Machine Readable Travel Document (MRTD), sudah berjalan dengan baik dan tanpa kendala.

"Semuanya sudah berjalan dengan baik, tidak ada masalah. Hanya saja sekarang kita hanya menunggu finalisasi pemeriksaan. Setelah itu barulah persiapan yang lain," tutur Intihan. 

Proses pelunasan haji tahun 2024 di Provinsi Bengkulu diharapkan berjalan lancar dan memastikan semua persyaratan terpenuhi untuk kesejahteraan dan keselamatan para calon jemaah haji

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: