Dinas Perpustakaan Provinsi Bengkulu Melakukan Stock Opname, Apa Ya Artinya?

Dinas Perpustakaan Provinsi Bengkulu Melakukan Stock Opname, Apa Ya Artinya?

Dinas Perpustakaan Provinsi Bengkulu Melakukan Stock Opname, Apa Ya Artinya?-naura qristina-

 

RADAR BENGKULU - Dinas perpustakaan provinsi Bengkulu melakukan Stock opname. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan para pengunjung perpustakaan provinsi Bengkulu

"Stock Opname ini adalah sebuah langkah kita, aksi nyata DPK dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Stock opname merupakan kegiatan penting yang perlu dilakukan secara berkala agar perpustakaan memperoleh profil koleksi yang baik dan akurat yang menggambarkan kondisi riil koleksi yang dimiliki perpustakaan provinsi Bengkulu," Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi Jantan, M.Pd. 

BACA JUGA:Infonya Naik Lagi, Harga Ayam Potong di Pasar Panorama Bengkulu Melonjak Karena Ini

BACA JUGA:8 Amalan Penting Jelang Ramadhan, Salah Satunya Kewajiban Bayar Hutang Puasa

Kegiatan stock opname juga akan menjadi input dalam melakukan kegiatan pengembangan koleksi, menjadi pertimbangan dalam melakukan seleksi dan pengembangan koleksi pada masa yang akan datang. 

"Stock opname untuk memeriksa fisik terhadap buku yang ada di rak secara keseluruhan. Lalu akan menjadi inventaris dan kita catat dalam OPAC (Online Public Access Catalog) milik perpustakaan," tambah Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi Jantan, M.Pd.

BACA JUGA:Kader Demokrat Tertawa dengar Info Mendapat 815 Suara di TPS 1 Lubuk Sanai II, Ini Tanggapannya

Selain memeriksa fisik buku koleksi, kegiatan stock opname ini juga untuk merapikan susunan buku dalam rak berdasarkan nomor klasifikasi, mengetahui buku yang rusak dan yang perlu penanganan perbaikan atau direstorasi.

"Lalu mengetahui jumlah buku yang hilang, mengetahui jumlah sarana prasarana pendukung lainnya," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi Jantan, M.Pd 

BACA JUGA:Program DPK Provinsi Bengkulu Satu Desa Satu Perpustakaan Dorong Minat Baca Warga Desa

Lanjut Meri, dengan lebih rapi dan lebih tertata setelah stock opname ini, pasti bernilai positif bagi pengunjung. "Selain koleksi buku fisik, kami juga memiliki layanan E-Book. Ini adalah layanan koleksi buku digital kita. E- Book ini dapat diakses dengan mudah. Cukup dengan HP android, lalu instal di play store atau akses melalui internet e-perpusprovbengkulu. Inovasi layanan ini akan lebih mudah, lebih nyaman lagi bagi pemustaka -pemustaka yang akan membaca buku di tempat ataupun meminjam buku. Karena dengan kembali tertatanya buku-buku koleksi di rak sesuai dengan klasifikasinya akan memudahkan pemustaka dalam mencari buku yang diinginkan," ujarnya.

Disamping itu juga, paparnya, Perpustakaan Provinsi masih sangat ketat dalam disiplin protokol kesehatan. Tujuannya adalah memberikan rasa aman bagi pengunjung. Bukan itu saja, Prokes ketat juga berlaku bagi pegawai, petugas pengelola perpustakaan maupun pemustaka harus menerapkan 3 M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak).

BACA JUGA: Menjangkau Setiap Sudut Bengkulu, Perpustakaan Keliling Terus Lanjut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: