DPK Provinsi Bengkulu Tegaskan Arsip Pemerintahan Harus Tertata Dengan Baik

DPK Provinsi Bengkulu Tegaskan Arsip Pemerintahan Harus Tertata Dengan Baik

DPK Provinsi Bengkulu Tegaskan Arsip Pemerintahan Harus Tertata Dengan Baik-naura qristina-

 

RADAR BENGKULU - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M. Pd, menyatakan bahwa menjaga kearsipan bukan hanya sekadar pekerjaan kantor biasa, melainkan suatu keharusan dalam tata kelola pemerintahan.

Dalam pelaksanaan sistem pemerintahan, kearsipan merupakan elemen vital yang tidak boleh diabaikan.

Arsip mempunyai fungsi sebagai pusat ingatan, sumber informasi dan alat pengawasan yang sangat diperlukan dalam setiap organisasi dalam rangka kegiatan perencanaan, penganalisaan, pengembangan, perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, pembuatan laporan, pertanggungjawaban penilaian dan pengendalian suatu kegiatan.

Setiap kegiatan tersebut, baik dalam dalam organisasi pemerintahan maupun swasta serta masyarakat selalu ada kaitannya dengan masalah arsip.

Arsip mempunyai peranan penting dalam proses penyajian informasi bagi pimpinan untuk membuat keputusan dan merumuskan kebijakan, oleh sebab itu untuk dapat menyajikan informasi yang lengkap, cepat dan benar huruslah ada sistem dan prosedur kerja yang baik di bidang kearsipan.

BACA JUGA:Manisnya Ngga Bisa Dilupain, Sari Aren Produk Khas Rejang Lebong, Binaan Bank Indonesia

BACA JUGA:Bona WJSN dan Ryu Da dalam Drakor terbaru Pyramid Game tayang pada akhir Februari 2024

“Kearsipan harus dijaga dengan sungguh-sungguh; ada yang memang menjadi konsumsi publik. Ini penting apabila arsipnya dianggap sebagai dokumen penting yang harus terjaga,” kata Meri Sasdi.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu, H. Meri Sasdi, M. Pd juga menekankan pentingnya melakukan backup dan penataan yang baik terhadap arsip-arsip di lingkungan pemerintahan untuk memastikan kelangsungan arsip dan memudahkan aksesnya. 

Melakukan backup data arsip secara berkala merupakan hal yang penting, karena dapat memastikan bahwa data-data penting tetap aman jika terjadi kehilangan data akibat kerusakan perangkat keras, serangan virus, atau bahkan kesalahan manusia.

Dengan memiliki salinan data yang teratur, dapat memulihkan informasi yang hilang dengan cepat. Selain itu, dengan melakukan backup data arsip yang penting, ini juga membuat penataan arsip menjadi lebih baik. 

BACA JUGA:Ada 5 TPS di Bengkulu yang Bakal Menggelar Pemungutan Suara Ulang, Dimana Saja? Cek Disini

BACA JUGA:5 Destinasi Tempat Liburan di Pacitan yang Cocok Untuk Keluarga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: