3 Inovasi DPK Provinsi Bengkulu Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

3 Inovasi DPK Provinsi Bengkulu Dalam Meningkatkan Minat Baca Masyarakat

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu telah melakukan 3 Inovasi pelayanan baca dan pinjam untuk anak-anak maupun untuk lansia. -naura qristina-

 

“Home Delivery Library Service”, inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat Provinsi Bengkulu. Perpustakaan provinsi mengembangkan pelayanan home delivery library walaupun masih terbatas, hanya untuk permustaka Lanjut Usia (Lansia) dengan cara menjemput pemustaka. 

 

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu, H. Meri Sandi, M. Pd mengungkap DPK Provinsi Bengkulu akan menyiapkan layanan Home Delivery Library Service untuk para Lansia. Program ini di prioritaskan bagi para Lanjut Usia (Lansia) yang memiliki keterbatasan untuk datang langsung ke Perpustakaan Provinsi Bengkulu. 

BACA JUGA:5 Air Terjun di Tasikmalaya, Tempat Wisata yang Sedang Hits dan Cocok Untuk Healing Bersama Keluarga

Dirinya menyampaikan kenapa program ini menjadi prioritas, karena para lansia ingin membeli buku tidak sempat, mau berjalan sudah susah, tempat membeli bukunya tidak tau. Maka dari itu, program jemput lansia menjadi solusi utama permasalahan tersebut. 

 

3. Perpustakaan Keliling

 

Perpustakaan keliling berguna untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang berupa informasi dan ilmu pengetahuan. Progam ini merupakan salah satu perangkat penyelenggaraan pendidikan berbentuk non formal yang berupaya untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa, sebagaimana diamanatkan oleh UUD 1945.

Tidak hanya untuk kalangan masyarakat, perpustakaan keliling merupakan salah satu cara meningkatkan minat baca anak-anak, entah itu dari tingkat tingkat sekolah dasar, menengah, maupun tinggi.

Mengingat buku dari perpustakaan sekolah tidak begitu lengkap, maka solusi untuk hal tersebut Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Bengkulu harapkan buku-buku dari perpustakaan keliling akan menjadi alternatif atau menjadi sumber bacaan lain bagi anak-anak sekolahan. (adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: