Menghidupkan Al-Quran Dalam Kehidupan

Menghidupkan Al-Quran Dalam Kehidupan

Imron Rosadi-Adam-radarbengkulu

 

“Dan hendaklah kalian mencukupkan bilangannya dan hendaklah kalian mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepada kalian, supaya kalian bersyukur.” (QS. Al-Baqarah: 185)

Ketika amaliyah Ramadan dapat kita sempurnakan dan dianjurkan dengan ucapan serta sikap syukur kepada Allah SWT, maka Allah SWT akan mengabulkan semua permintaan dan permohonan kita.

 

“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu (Nabi Muhammad) tentang Aku, sesungguhnya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila dia berdoa kepada-Ku. Maka, hendaklah mereka memenuhi (perintah)-Ku dan beriman kepada-Ku agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al-Baqarah: 186)

Imam Hasan Al Banna Ketika mengulas ayat ini mengatakan bahwa Allah SWT amat dekat kepada hamba-Nya pada bulan Ramadan. Tentang keistimewaan bulan Ramadan di sisi Allah ditegaskan sendiri oleh Allah SWT melalui hadist qudsi.

 

“Jika bulan Ramadan datang, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, setan-setan di belenggu, kemudian datang seorang penyeru dari sisi Allah yang maha benar, wahai pencari kejahatan, berhentilah ! Dan wahai pencari kebaikan, kemarilah!”(HR. Bukhari dan Muslim)

Pintu pintu surga dibuka karena manusia berbondong-bondong melaksanakan ketaatan, ibadah, dan taubat, sehingga jumlah pelakunya banyak. Setan-setan dibelenggu karena manusia beralih kepada kebaikan. Sehingga setan tidak mampu berbuat apa-apa.

 

Hari -hari dan malam-malam Ramadan merupakan masa-masa kemuliaan yang diberikan Allah SWT agar orang-orang yang berbuat baik menambah kebaikannya dan orang-orang yang berbuat jahat bertaubat dan memohon ampunan kepada-Nya.

Begitu juga kitab suci Al-Quran bahkan telah menjamin bagi orang berpijak diatasnya tidak akan tersesat selamanya. Allah Azza Wa jallah berfirman.

 

“Sesungguhnya Al-Quran ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan kebajikan bahwa bagi mereka ada pahala yang sangat besar.” (QS. Al-Isra’: 9)

Rasulullah SAW bersabda yang artinya:  “Aku tinggalkan untuk kalian dua perkara yang apabila berpegang kepadanya niscaya tidak akan tersesat selamanya, yaitu Al-Qur’an dan Sunnah.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu