Khutbah Idul Fitri: Komitmen Menjaga Ukhuwah dan Kepedulian Sosial Dalam Kehidupan

Khutbah Idul Fitri:   Komitmen Menjaga Ukhuwah dan Kepedulian Sosial Dalam Kehidupan

Prof. Dr. Zubaedi M. Ag M. Pd-Adam-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Para pembaca yang dimuliakan Allah SWT , tidak terasa hari lebaran telah tiba. Untuk itu, redaksi sudah menyiapkan khutbah Idul Fitri  untuk pembaca semua. Judulnya, Komitmen Menjaga Ukhuwah dan Kepedulian Sosial Dalam Kehidupan.

 

Materi ini ditulis oleh  Ustadz  Prof. Dr. Zubaedi M. Ag M. Pd . Rencananya, materi khutbah ini akan disampaikan saat menjadi khatib shalat Idul Fitri di Masjid Raya Baitul Izzah, Jalan Raya Pembangunan Kelurahan Padang Harapan, Kecamatan Ratu Agung, Kota Bengkulu besok pagi, Rabu, 12 April 2024.

 

 Apa saja isi materi khutbahnya, silahkan dibaca langsung tulisannnya dibawah ini. Selamat membaca! Semoga ada manfaatnya bagi kita semua.

 

Khutbah I

 اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ، وَلِلهِ الْحَمْدُ، اللهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا، وَالْحَمْدُ لِلَّهِ كَثِيرًا، وَسُبْحَانَ اللهِ وَبِحَمْدِهِ بُكْرَةً وَأَصِيلًا، وَنَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، وَلَا نَعْبُدُ إِلَّا إِيَّاهُ، وَنَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا وَنَبِيَّنَا مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ، وَرَحْمَتُهُ الْمُهْدَاةُ، صَلَّى اللهُ وَسَلَّمَ وَبَارَكَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ الطَّيِّبِيْنَ الطَّاهِرِيْنَ. أما بعد، فَأُوصِيْكُمْ وَنَفْسِي بِتَقْوَى اللَّهِ، قَالَ تَعَالَى: إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ، اُدْخُلُوْهَا بِسَلَامٍ آمِنِينَ (الحجر: ٤٥-٤٦)

 

Ma’asyiral muslimin hafidhakumullah, 

 Marilah dalam kesempatan mengawali bulan Syawal 1445 H/2024 M ini, kita bersama-sama meningkatkan takwa kita kepada Allah ﷻ dengan senantiasa melaksanakan segala perintahnya dan berusaha secara maksimal meninggalkan segala larangan-Nya. Dengan bekal takwa inilah, semoga kelak kita menjadi penghuni surga. Amin ya rabbal ‘alamin.  

Rasa sedih pagi ini kita sangat terasa dengan perginya bulan Ramadan. Begitu pula rasa bahagia itu hadir karena Allah masih memberikan kita umur panjang, sehingga mampu menyelesaikan ibadah selama Ramadan hingga menjumpai malam lailatul qadr. Hadirnya bulan Syawal kali ini tentunya menjadi sebuah renungan bagi kita agar semangat ibadah Ramadan tidak hilang.  

 

Hari ini merupakan hari yang istimewa. Karena seluruh umat Islam berada pada puncak kemenangan. Yakni Hari Raya Idul Fitri. Hari raya yang menjadi hadiah bagi umat Islam, karena telah menjalankan puasa Ramadan satu bulan lamanya. Saking mulianya, Allah mengharamkan kita berpuasa di hari ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu