Info Pencairan Tunjangan Profesi Guru di Provinsi Bengkulu Triwulan 1 Tahun 2024

Info Pencairan Tunjangan Profesi Guru di Provinsi Bengkulu Triwulan 1 Tahun 2024

Pencairan TPG atau tunjangan sertifikasi guru Bengkulu Triwulan I Masih Dalam Tahap Penantian SP2D-Poto ilustrasi-

Setelah pengajuan selesai, proses berikutnya adalah pembuatan detail non-tunai di Bank Bengkulu yang memerlukan waktu 1-2 hari.

Setelah detail ini selesai, barulah TPG triwulan pertama dapat ditransfer ke rekening masing-masing guru.

"Saat proses itu usai maka akan ditransferkan ke para guru," lanjut Nirwan.

Untuk tahap pertama, jumlah guru yang diusulkan menerima TPG adalah sebanyak 2.832 orang.

Jumlah ini didasarkan pada data yang diberikan oleh Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Pengusulan tahap pertama sejumlah 2.832 orang. Pembayaran tidak seluruhnya karena data yang layak bayar yang diimport dari GTK Kemendikbud baru sejumlah itu dan akan menyusul diimport lagi data yang layak bayar atau yang sudah divalidkan oleh GTK Kemendikbud," tambah Nirwan.

Menanggapi situasi ini, anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Suami Fales yang akrab disapa Wansui, mendorong Pemerintah Provinsi Bengkulu untuk berkoordinasi dengan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK) RI guna memastikan pencairan dana TPG triwulan pertama.

"Pemerintah harus melakukan koordinasi kepada pihak terkait, karena ini merupakan hak para tenaga pendidik kita," tegas Wan sui.

Wan sui menekankan bahwa idealnya, TPG diberikan setiap tiga bulan sesuai dengan ketentuan yang ada.

Dia juga menyoroti bahwa keterlambatan penyaluran TPG ini bisa disebabkan oleh berbagai kendala yang perlu diidentifikasi dan diselesaikan.

"Terlambatnya penyaluran TPG tentu karena ada kendala. Pemprov Bengkulu dan Pemerintah Daerah di tiap kabupaten harus mengetahui pokok-pokok permasalahannya. Itulah pentingnya koordinasi, sehingga siapa tahu penyaluran ini terlambat karena adanya permasalahan di persyaratannya," jelas Wan sui.

Dengan koordinasi yang baik antara Pemprov Bengkulu, Pemda, dan pihak terkait, diharapkan proses pencairan TPG triwulan pertama ini bisa segera diselesaikan.

Guru-guru yang berhak menerima tunjangan ini tentunya sangat mengharapkan pencairan segera dilakukan agar dapat mendukung kesejahteraan mereka dalam menjalankan tugas sebagai pendidik.

Proses pencairan tunjangan profesi guru ini menjadi perhatian penting bagi seluruh pihak yang terlibat, mengingat peran guru yang sangat vital dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pemerintah diharapkan dapat memberikan pelayanan terbaik untuk memastikan hak-hak guru terpenuhi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: