Ini Penyebab Harga Minyakkita Naik, Dirjen Perdagangan Beri Penjelasan

Ini Penyebab Harga Minyakkita Naik, Dirjen Perdagangan Beri Penjelasan

Ini Penyebab HET Minyakkita Naik, Dirjen Perdagangan Beri Penjelasan-poto ilustrasi-

RADAR BENGKULU, JAKARTA, DISWAY.ID-- Menurut Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim menjelaskan banyak hal yang menjadi penyebab naiknya HET Minyakita

Penyebab HET Minyakkita naik juga karena harga Crude Palm Oil (CPO) yang sudah semakin naik, daya beli masyarakat, inflasi hingga Harga Pokok Penjualan atau HPP.

"Banyak yang dipertimbangkan, daya beli masyarakat, ini nanti juga terkait apakah kenaikan ini sejauh mana punya andil ke inflasi, perhatikan HPP. Ini buat pelaku usaha supaya tetap dapat keuntungan wajar," ujar Isy, Selasa 4 Juni 2024.

Pemerintah memastikan bahwa rencana penaikan Harga Eceran Tertinggi (HET) MinyakKita menjadi Rp 15.500 akan mulai berjalan pada tahun ini. 

BACA JUGA:Handphone Keluaran Terbaru Realme C63: Harga Rp 2 Juta, LCD 6,74

BACA JUGA:2 Tablet Keluaran Terbaru iQoo Pad 2 dan Pad 2 Pro: Dilengkapi Chipset Yang Gak Kaleng-Kaleng, Harganya ?

Hingga saat ini, rencana penaikan HET ini masih dalam tahap pembahasan bersama Kementerian Perekonomian.

Menurut Isy, pihaknya kini tengah mendiskusikan perubahan dalam Permendag no 49 tahun 22 untuk menentukan kisaran kenaikan MinyaKita.

"Kami tergantung dari proses harmonisasi yang dilakukan Kementerian atau Lembaga terkait. Karena kenaikan HET Minyakita ini nggak termasuk di dalam daftar program prioritas Peraturan Menteri, harus ada izin prakarsa baru nanti diundangkan," jelasnya.

Namun, Isy juga memastikan bahwa pihak Kemendag juga akan mempertimbangkan level harga di produsen agar tetap mendapatkan keuntungan. 

Dalam hal ini, Kemendag menyebutkan beberapa komponen pokok yang akan digunakan dalam perhitungan harga pokok produksi (HPP), yakni CPO, ongkos biaya angkut pabrik, biaya pengemasan dan pengolahan, hingga biaya distribusi.

Dalam keterangannya, Isy menyebutkan bahwa harga CPO kini makin naik, dan bahkan kini sudah menyentuh angka Rp 12.000 lebih.

BACA JUGA:Perbandingan Mobil Listrik KIA EV3 Vs Mobil Listrik KIA EV6, Cek Harga dan Speknya Disini

BACA JUGA:Perbandingan Vivo S19 Pro vs Vivo S18 Pro: Apa Yang Meningkatkan Dalam Waktu 6 Bulan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: