Mengaktualisasikan Nilai Pelaksanaan Ibadah Haji dan Kurban

Mengaktualisasikan Nilai Pelaksanaan Ibadah Haji dan Kurban

Sukran Jayadi, M.Pd.I-Adam-radarbengkulu

Kaum muslimin dan muslimat jamaah shalat Idul Adha Polda Bengkulu Rohimakumullah.

 

Terakhir, khatib mengajak jamaah sekalian, mari kita muhasabah diri di hari Iedul Adha yang mulia ini. Jika kita belum mampu menyembelih binatang kurban sebagai wujud syukur kita, maka sembelihlah sifat hewani dalam diri kita. Jika kita belum mampu melempar jumroh dalam pelaksanaan haji dan umroh, maka lemparkanlah sifat kebencian dan egoisme dalam hati kita. 

Jika kita belum mampu mengelilingi ka'bah untuk thowaf, maka kelilinglah ketempat sanak saudara, tetangga, dan sahabat untuk menjalin ukhuwah atau persaudaraan.

 

Nabi Ibrahim AS tidak diperintah Allah SWT untuk membunuh Ismail, Nabi Ibrahim AS hanya diminta Allah SWT untuk membunuh rasa “kepemilikan” terhadap Ismail. Karena hakikatnya semua yang kita miliki adalah titipan dan miliknya Allah. Semoga Allah SWT menganugrahkan keshalihan yang dimiliki nabi Ibrahim dan keikhlasan yang dimiliki nabi Ismail kepada kita semua.

Kearifan kita sebagai seorang muslim akan semakin mantap dan sempurna jika kita mengenal dan memahami siapa diri kita yang sesungguhnya. Karena, siapa yang mengenal dirinya, maka akan mengenal Tuhannya (Man Arofa Nafsahu Faqod Arofa Robbahu), dan siapa yang mengenal Tuhannya, akan semakin arif hidupnya dan semakin ta’at ibadahnya, yang pada akhirnya semakin sholeh dan sholehah hidupnya. 

 

Demikianlah khutbah Idul Adha 1445 H/ 2024 M, semoga bermanfaat untuk kita semua, khususnya dalam berbuat dan beramal untuk kebahagian hidup Finddunya wal Akhirah.

اَلْحَمْدُللهِ رَبِّ الْعَلَـــــمِيــــــنَ وَالصَّلَاةُ وَالسَّــــــــلَامُ عَلَى اَشْرَفِ الْاَنْبِيــَــــــاءِ  وَالــــــــمُرْسَلِيـــــْنَ وَعَلَ اَلِهِ  وَصَحْبِــــهِ اَجْمَعِيْــــــــنَ

 

اللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآءُ مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ. اللهم اغفر لنا ولوالدين وارحمهم كما ربونا صغارا.

ربنا أوزعنا أن نشكر نعمتك التى أنعمت علينا وعلى والدينا وأن نعمل صالحا ترضاه وأدخلنا برحمتك فى عبادك الصالحين.

ربنا تقبّل منا صلاتنا وصيامنا وتلاوتنا وعباتنا كلها إنك أنت السميع العليم.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu