Haji Mabrur Dambaan Setiap Umat Muslim

Haji Mabrur Dambaan Setiap Umat Muslim

Madsani, S.Ag -Adam-radarbengkulu

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

Haji Mabrur merupakan dambaan setiap jamaah haji dan umat muslim. Maka setiap jamaah haji bersungguh-sungguh melaksanakan ibadah hajinya itu agar menjadi haji mabrur yang akan merubah dirinya menjadi lebih baik dari sebelum melaksanakan ibadah haji.

Sesuai kata mabrur, berasal dari kata barra yang artinya mendapat kebaikan atau menjadi baik dan kata mabrur memiliki dua makna. Pertama, mabrur berarti baik, suci, dan bersih. Kedua, mabrur berarti maqbul atau mendapat rida Allah SWT.

 

Dari pengertian tersebut, definisi haji mabrur adalah haji yang dikerjakan seorang muslim dengan memperoleh kebaikan setelahnya, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain, sebagai bukti bahwa hajinya telah diterima dan mendapat ridha disisi Allah SWT.

 

Kemudian keutamaan haji mabrur diantaranya yaitu mendapat balasan surga. Hal ini bersandar pada hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah RA. Rasulullah  SAW bersabda,

"Umrah dan umrah yang akan datang dapat menghapus dosa diantara keduanya. Haji yang mabrur, tidak ada balasan baginya kecuali surga." (HR Bukhari dan Muslim)

 

 

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

 

Haji Mabrur tentunya akan membawa perubahan sikap dan kontribusi yang lebih baik bagi dirinya, keluarga dan masyarakatnya. Perubahan ini diketahui sepulang dari Tanah Suci. Yaitu, diantaranya terdapat tiga perubahan sebagai berikut :

 

Pertama : Perubahan perilaku menjadi lebih baik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu