Inilah Hikmahnya Memakmurkan Masjid

Inilah Hikmahnya Memakmurkan Masjid

H. Henderi Kusmidi-Adam-radarbengkulu

Orang-orang yang senang memakmurkan masjid dengan istiqamah shalat di masjid dan juga berjamaah dengan ikhlas, dia akan diampuni kesalahan-kesalahannya serta akan diangkat derajatnya oleh Allah. Sebagaimana sabda Nabi:

 أَلَا أَدُلُّكُمْ عَلَى مَا يَمْحُو اللهُ بِهِ الْخَطَايَا، وَيَرْفَعُ بِهِ الدَّرَجَاتِ؟ قَالُوا بَلَى يَا رَسُولَ اللهِ قَالَ: «إِسْبَاغُ الْوُضُوءِ عَلَى الْمَكَارِهِ، وَكَثْرَةُ الْخُطَا إِلَى الْمَسَاجِدِ، وَانْتِظَارُ الصَّلَاةِ بَعْدَ الصَّلَاةِ، فَذَلِكُمُ الرِّبَاطُ “

 

''Maukah aku tunjukkan kepadamu sesuatu yang menyebabkan Allah menghapuskan kesalahan-kesalahan dan mengangkat derajat? para shahabat menjawab, ya wahai Rasulullah, beliau bersabda, menyempurnakan wudhu’ meski dalam keadaan susah dan banyak-banyak mendatangi masjid, menunggu shalat setelah shalat, itulah ribat, itulah ribat, itulah ribat.” (HR Muslim No 251) 

 

Kelima, termasuk orang yang mendapatkan petunjuk Allah 

Orang yang berada dalam rel atau aturan atau mendapat petunjuk Allah, dia akan selalu berada dalam kebenaran dan kebaikan. Orang-orang yang selalu berusaha ingin dan selalu melakukan aktivitas memakmurkan masjid, dia akan diberikan hidayah dari Allah.  

Firman Allah:

 إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلَّا اللَّهَ فَعَسَى أُولَئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدِينَ 

''Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari Kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada siapa pun) selain kepada Allah. Maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS at-Taubah: 18) 

 

Hadirin Shalat Jumat yang dimuliakan Allah 

Demikian khutbah yang singkat ini, semoga bisa lebih memahami tentang memakmurkan masjid dan berusaha menjadi orang yang paling baik dan semangat dalam memakmurkan masjid. Semoga Allah memudahkan dan memberi kekuatan serta semangat kepada kita. Amin.

 

 بَارَكَ اللّهُ لِىْ وَلَكُمْ فِى الْقُرْآنِ الْعَظِيْمِ. وَنَفَعَنِيْ وَاِيَّكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ اْلاَيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. وَتَقَبَّلَ مِنِّى وَاِيَّاكُمْ تِلاَ وَتَهُ اِنَّه هُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمِ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu