Cara Islam Dalam Mengelola Tekanan Hidup

Cara Islam Dalam Mengelola Tekanan Hidup

Ahmad Sidik-Adam-radarbengkulu

Jamaah Jumat tamu undangan Allah SWT yang berbahagia

Oleh karena itu ada beberapa solusi untuk mengelola stres. Mengelola stres adalah kemampuan untuk mengendalikan diri ketika situasi, orang-orang, dan kejadian-kejadian yang ada memberikan tuntutan yang berlebihan kepada kita.

Perhatikan lingkungan sekitar dan lihatlah mungkin ada sesuatu yang benar-benar dapat diubah atau dikendalikan dalam situasi tersebut.

 

Belajar untuk merelaksasikan diri, meditasi, merenung, bertafakur, berdzikir, dan latihan pernafasan telah terbukti secara efetif dalam mengendalikan stres. 

Berlatihlah untuk menjernihkan dari pikiran yang mengganggu, negatif atau yang merusak diri jiwa kita. Jauhkan diri dari situasi-situasi yang menekan. Beri kesempatan yang cukup untuk istirahat meskipun hanya beberapa saat setiap hari. 

 

Tentukan tujuan hidup yang realistis bagi diri kita agar tidak mengejar target yang tidak bisa diwujudkan yang membuat kita terbebani melebihi kemampuan kita. 

Allah Swt berfirman yang artinya: ''Allah tidak akan membebani suatu kaum sesuai dengan kemampuannya."

 (Al-Baqarah ayat 286).

 

Masalah yang dihadapi manusia akan silih berganti. Dari masalah pribadi, masalah keluarga, hingga masalah yang dihadapi masyarakat luas. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah merupakan keterampilan yang selalu diasah.  

Rasulullah SAW bersabda yang artinya: ''Ujian yang tiada henti-hentinya menimpa kaum mukmin pria dan wanita, yang mengenai dirinya, hartanya, anaknya, tetapi ia tetap bersabar, ia akan menemui Allah dalam keadaan tiada berdosa.'' (HR Turmudzi).  

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu