Gubernur Bengkulu Kukuhkan Kepengurusan Asosiasi UMKM Provinsi Untuk Membantu UMKM kecil dan Menengah

Gubernur Bengkulu Kukuhkan Kepengurusan Asosiasi UMKM Provinsi Untuk  Membantu UMKM kecil dan Menengah

Gubernur Bengkulu Kukuhkan Kepengurusan Asosiasi UMKM Provinsi Untuk Membantu UMKM kecil dan Menengah-Ist-

"Kami sudah mendaftarkan para pekerja non-formal ke BPJS Ketenagakerjaan. Karena, pekerjaan mereka memiliki risiko tinggi. Banyak dari mereka yang bekerja tanpa batasan waktu, dan sering kali mengalami kecelakaan kerja. Dengan jaminan BPJS, setidaknya mereka akan lebih terlindungi," kata Rohidin.

Ketua Umum Inisiator Ge ARU UMKM Bengkulu, Harzonzori, yang juga dikukuhkan dalam acara tersebut, menyatakan kesiapan asosiasi untuk segera bekerja dan berkolaborasi dengan berbagai pihak.

Ia menegaskan bahwa pengurus yang baru dilantik ini akan mendapatkan berbagai pelatihan guna meningkatkan kemampuan manajerial dan produktivitas.

"Langkah pertama yang harus dilakukan oleh asosiasi ini adalah bersinergi dengan semua pihak, baik pemerintah daerah, sektor swasta, maupun komunitas usaha lainnya. Kami dituntut untuk melahirkan ide-ide kreatif yang tidak hanya terbatas pada UMKM rumahan, tetapi juga mendorong produk UMKM Bengkulu agar dapat diekspor dan dikenal lebih luas," ujar Zori.

Oleh oleh o

O

Dalam menghadapi tantangan ekonomi, seperti krisis global dan inflasi yang semakin meningkat, Zori menekankan pentingnya kerja sama dan kolaborasi antar-pelaku usaha.

Ia berharap, di tengah situasi sulit ini, UMKM di Bengkulu dapat bertahan dan menjadi kekuatan utama dalam menopang perekonomian daerah.

"UMKM memiliki potensi besar untuk menciptakan lapangan kerja, bukan hanya di sektor formal, tetapi juga melalui inovasi di sektor informal. Dengan begitu, UMKM dapat memberikan kontribusi nyata dalam pengurangan pengangguran dan peningkatan kesejahteraan masyarakat," tambahnya.

Salah satu tantangan besar yang dihadapi oleh UMKM Bengkulu adalah memperluas jangkauan pasar, terutama ke luar negeri. 

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Rohidin juga menekankan pentingnya dukungan pemerintah daerah dalam membuka akses pasar internasional bagi produk-produk unggulan UMKM Bengkulu.

Pemerintah, katanya, akan terus mendorong ekspor produk UMKM dengan memberikan pelatihan, pendampingan, serta fasilitas promosi di berbagai platform digital dan pameran internasional.

"Kami berkomitmen untuk terus mendukung UMKM Bengkulu agar produk-produknya bisa dikenal di pasar internasional. Banyak produk lokal yang sebenarnya memiliki kualitas tinggi dan layak untuk diekspor. Kami akan bantu dengan berbagai program pelatihan dan promosi, baik di tingkat nasional maupun internasional," ujar Rohidin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: