Usin Abdisyah: Program Pilah, Pilih dan Olah Adalah Solusi Cerdas Atasi Sampah di Bengkulu

Usin Abdisyah: Program Pilah, Pilih dan Olah Adalah Solusi Cerdas Atasi Sampah di Bengkulu

Pemprov Bengkulu dan Dewan Provinsi Usin Abdisyah Putra Sembiring melakukan solusi cerdas dalam penanganan sampah di provinsi Bengkulu.-Ist-

Salah satu poin penting dalam peraturan tersebut adalah menekankan pengurangan sampah sebagai prioritas bersama. 

“Dalam pengelolaannya, baik sampah organik maupun anorganik harus didasarkan pada prinsip 3R (Reuse, Reduce, Recycle).” 

Melalui penerapan prinsip 3R, diharapkan program Pilah, Pilih, dan Olah dapat mengurangi beban di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang kian padat.

Tak hanya itu, Rohidin juga menyebutkan bahwa pengelolaan sampah yang baik dapat meningkatkan kualitas lingkungan dan memberikan nilai ekonomi dari sampah yang diolah menjadi sumber daya baru.

"Selain mengurangi volume sampah di TPA, kita juga dapat menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan memanfaatkan sampah sebagai sumber daya yang memiliki nilai ekonomis," papar Rohidin penuh optimisme.

Rohidin mengatakan bahwa studi tiru ini merupakan bagian dari strategi jangka panjang pemerintah daerah dalam menciptakan kota yang bersih dan berkelanjutan. 

“Kader lingkungan yang berangkat ini diharapkan menjadi agen perubahan, membawa gagasan segar dan solusi inovatif yang dapat diterapkan di Provinsi Bengkulu.” 

Di sisi lain, Usin Abdisyah Putra Sembiring, SH, anggota DPRD Provinsi Bengkulu sekaligus inisiator program Pilah, Pilih, dan Olah, turut mendorong pemerintah daerah untuk memastikan program ini berkelanjutan. 

"Program ini juga dirancang untuk menciptakan lapangan kerja baru, khususnya di sektor pengolahan limbah dan pembuatan pupuk organik."

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: