Ini Empat Golongan yang Diharamkan Masuk Neraka

Ini Empat  Golongan yang Diharamkan Masuk Neraka

Drs. H. Paimat Sholihin, M.HI -Adam-radarbengkulu

Tidak hanya itu, sikap lemah lembut dan kasih sayang merupakan prinsip dan pokok dari sebuah kebaikan. Terbukti orang yang tidak memiliki sikap lemah lembut dan kasih sayang, ia terhalang untuk melakukan kebaikan. Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab Shahih Muslim juz 4 halaman: 2003:

 

مَنْ يُحْرَمِ الرِّفْقَ، يُحْرَمِ الْخَيْرَ    

 

Artinya: "Barang siapa tiada memiliki kelembutan, baginya tiada kebaikan." (HR Muslim)   

Maksudnya orang tidak memiliki sikap lemah lembut dan kasih sayang, ia akan terhalang dari segala kebaikan. Karena kebaikan tiada bisa dilakukan kecuali dengan kelembutan dan kasih sayang.   

 

 

3. Sahlun, yaitu mudah membantu orang lain

Kalangan ini ringan tangan, gemar membantu kalangan lain. Baik dengan tenaga, pikiran, maupun harta. Ia ringan memberikan sebagian hartanya untuk membantu saudaranya yang membutuhkan, apalagi di masa banyak terjadi musibah saat ini. Bantuan dapat disalurkan secara langsung atau melalui lembaga terpercaya.

Seperti Lembaga Amil Zakat, Infak dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU), apalagi sedang terjadi bencana yang menimpa sesama. Tujuannya adalah meringankan saudara kita yang tengah terkena musibah.   

 

Mengapa orang yang ringan membantu saudaranya diharamkan masuk neraka? Karena orang mau memudahkan dan membantu kesulitan orang lain, akan diberikan kemudahan oleh Allah SWT, baik di dunia maupun di akhirat kelak. Termasuk kemudahan masuk surga dan terhindar dari neraka.

Hal ini sebagaimana hadits yang diriwayatkan Imam Muslim dalam kitab Shahih Muslim, juz 4 halaman: 2074, Nabi bersabda:

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu