Simulasi Damai Pilkada di Bengkulu, Upaya Cegah Konflik Sosial Usai Pemilu

Simulasi Damai Pilkada di Bengkulu, Upaya Cegah Konflik Sosial Usai Pemilu

Korem 041/Gamas Bengkulu bersama instansi terkait, menggelar simulasi kesepakatan damai-Windi-

Ia menambahkan bahwa peran aparat hukum sangat penting untuk memberikan jaminan keamanan bagi semua pihak yang terlibat. Oleh karena itu, Brigjen Rachmad berharap masyarakat dapat mempercayakan seluruh proses kepada instansi berwenang, yang telah siap menindaklanjuti setiap dinamika yang terjadi usai Pilkada.

 

 

Tidak hanya fokus pada jalannya proses mediasi dan pengawalan hukum, Brigjen TNI Rachmad Zulkarnaen juga mengimbau masyarakat agar tidak terprovokasi oleh isu atau desas-desus yang berpotensi memperkeruh suasana. 

Menurutnya, masyarakat harus tetap tenang dan menjaga kondusivitas. Terutama dalam menerima hasil Pilkada.

 

 

“Masyarakat tenang saja dulu, biarkan proses berjalan sebagaimana mestinya. Sudah ada instansi yang bertugas untuk menangani situasi pasca Pilkada. Jadi, kita percayakan semuanya kepada mereka,” tegas Danrem.

 

 

Imbauan ini menunjukkan pentingnya partisipasi masyarakat dalam menjaga situasi tetap kondusif, terutama di tengah gejolak Pilkada yang sering kali memicu emosi para pendukung calon. 

Brigjen Rachmad berharap dengan adanya simulasi ini, masyarakat semakin memahami bahwa konflik atau ketidakpuasan hasil pemilu sebaiknya diselesaikan secara prosedural.

 

 

Simulasi ini merupakan bagian dari Latihan Posko I dan Latihan Lapangan yang diselenggarakan Korem 041/Gamas Bengkulu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: