Hamka Sabri Jadi Ketua DMI Bengkulu, JK Minta Makmurkan Masjid

Hamka Sabri Jadi Ketua DMI Bengkulu, JK Minta Makmurkan Masjid

JK sedang melantik pengurus DMI Provinsi Bengkulu-Iwan-

 

BENGKULU, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Dewan Masjid Indonesia (DMI), Muhammad Jusuf Kalla, Selasa (9/8) pagi melantik kepengurusan Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) DMI Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Pemkab Benteng Bagikan Ribuan Bendera kepada Masyarakat

Sekda Provinsi (Sekdaprov) Bengkulu, Hamka Sabri dipercaya untuk menjadi Ketua DPW DMI Provinsi Bengkulu masa jabatan 2022-2027.

BACA JUGA:Kapolri: Timsus Tetapkan Ferdy Sambo Jadi Tersangka Baru Tewasnya Brigadir J

Dalam sambutannya Jusuf Kalla menyampaikan bahwa tugas utama DMI adalah untuk memakmurkan masjid. Ada 3 golongan yang harusnya memiliki tanggungjawab untuk memakmurkan masjid, dan menjadi tugas DMI Provinsi Bengkulu untuk menggerakkannya.

BACA JUGA:Ini Dia Data dan Fakta Unik Nama-Nama Kelurahan di Kota Bengkulu (27)

Pertama orang yang membangun masjid, kedua orang-orang yang mengurus masjid dan yang terakhir adalah jemaah. "Kalau ada yang bangun masjid, tapi tidak ada pengurusnya, tentu tidak jalan. Begitu juga jika ada yang bangun, ada yang urus namun tidak ada jemaahnya, maka juga percuma," ujar Jusuf Kalla.

Pada zaman dahulu, masjid dijadikan sebagai pusat pendidikan, pengobatan, berunding dan lain-lain. Namun saat ini kondisinya sudah berubah, karena fungsi-fungsi tersebut sudah ada bagiannya masing-masing.

"Saya mengharapkan DPW terus menjaga kehidupan umat dan saling bekerjasama dalam menjaga persatuan," kata Jusuf Kalla.

Terpisah Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah menyarankan agar DMI Provinsi Bengkulu merumuskan pola menajemen yang lebih baik.

Apalagi saat ini di Provinsi Bengkulu diketahui ada sebanyak 3 ribu lebih masjid yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota. Apalagi susunan kepengurusan DMI yang hari ini dilantik dinilai sudah memiliki unsur yang lengkap.

Mulai dari unsur pemerintahan, sampai unsur akademisi semua ada di dalam kepengurusan DMI. "Saya kira tinggal buat rencana strategis sehingga terbentuk pola gerakan agar umat menjadi nyaman dengan kehadiran DMI," kata Rohidin.

Sementara itu Ketua DPW DMI Provinsi Bengkulu, Hamka Sabri menyatakan bahwa mereka tetap membutuhkan arahan baik dari DPP DMI maupun Gubernur Bengkulu.

Terutama terkait dengan kinerja yang akan dilakukan oleh DPW DMI Provinsi Bengkulu kedepan. "Mohon berkenan pak Jusuf Kalla agar dapat memberi arahan pada kami, termasuk juga kepada pak Gubernur selaku pembina kami, agar kedepan kami dapat melangkah ke arah yang lebih baik," ungkap Hamka.(idn) 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: