Bengkulu Selatan Akan Buat Taman Hutan Raya

Bengkulu Selatan  Akan Buat Taman Hutan Raya

Kepala DLHK Bengkulu Selatan, Haroni,ST-Fahmi-

 

MANNA, RADARBENGKULUONLINE.COM -  Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Bengkulu Selatan akan membuat Taman Hutan Raya (Tahura) di daerah Gluguran, Kecamatan Ulu Manna.

Nantinya, itu bisa dimanfaatkan untuk kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, pendidikan serta menunjang budidaya, budaya dan pariwisata untuk masyarakat.

Kepala DLHK Bengkulu Selatan, Haroni,ST menyampaikan, pihaknya sudah bertemu dengan pihak Kementerian DLHK untuk mendapatkan program tersebut. Kini tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) yang dikeluarkan oleh Kementerian. Syarat yang diminta sudah dipenuhi semuanya, walaupun saat ini masih ada sedikit perubatan batas wilayah.

"Dalam pembuatan Tahura nanti akan kita lakukan pemblokkan. Seperti ada tanaman untuk edukasi. Artinya, dilokasi tersebut akan ada tanaman yang akan kita lestrikan. Seperti durian yang merupakan khas daerah. Kedua, blok wisata. Seperti perkemahan, penginapan dan sebagainya. Ketiga, blok observasi hutan," papar Haroni saat ditemui RADARBENGKULUONLINE.COM diruang kerjannya Selasa (25/10).

Untuk pengelolaan Tahura ini nanti akan dipegang oleh Kabupaten. Karena pada dasarnya yang melakukan pemeliharaan hutan adalah milik negara.Untuk anggaran dalam pembuatan dan pemeliharaan Tahura ini nanti bisa melalui anggaran Pusat,Provinsi maupun Kabupaten.

BACA JUGA:Pemerintah Bengkulu Selatan Hadir Saat Senang Maupun Susah

Saat ini pihaknya sedang berusaha untuk mendapatkan SK Tahura yang dikeluarkan oleh Kementerian dengan persyaratan batas wilayah harus jelas. Bloknya juga harus jelas. Saat ini masih menunggu perubahan Balai observasi dari Provinsi Lampung terkait Sumber Daya Alam.

BACA JUGA:BI: Ini 4 Proyek Strategis Investasi di Bengkulu, Investor Pasti Cepat Untung

"Rencananya untuk pembuatan Tahura ini akan kita laksanakan 2023. Kalau  semua peryaratan sudah lengkap,nantinya akan kita buatkan proposal untuk menunjang pembuatan Tahura. Nantinya akan kita buatkan seindah mungkin dengan bermacam blok agar setiap masyarakat yang berkunjung akan tetap mendapatkan suasana yang indah dari Tahura tersebut,"pungkas Haroni.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: