Transparanlah, Perusahaan Diminta Salurkan CSR Tepat Sasaran

Transparanlah, Perusahaan Diminta Salurkan  CSR  Tepat Sasaran

Logo Benteng--

 

BENTENG, RADARBENGKULUONLINE.COM - Tokoh Pemuda Benteng, Verizal, SE memita agar seluruh perusahaan di Kabupaten Benteng melaksanakan program corporate social responsibility (CSR) dengan terbuka dan tepat sasaran.

 

 

Seperti diketahui, program CSR menjadi tanggung jawab seluruh perusahaan yang sudah diatur dalam UU No 40/2007 dan PP No 47/2012.

 

 

"Setiap perusahaan yang memiliki daerah operasional di lingkungan masyarakat setempat, harus punya kepedulihan dalam penyaluran program CSR,'' ujarnya.

BACA JUGA:HUT ke 26, SMKN 4 Kota Grand Opening Tefa Enggano Motor

 

 

Karena, mengenai CSR ini sudah diatur dalam undang-undang yang mengatur tentang perusahaan perseroan terbatas. CSR ini menjadi penting dalam rangka turut mensejahterakan masyarakat sekitar perusahaan.

 

 

Menurutnya, CSR sebagai solusi yang tepat untuk mengindari gejolak sosial masyarakat.

 

 

Ia lalu mencontohkan, sering terjadinya polemik pada masyarakat yang berada disekitar tambang terkadang dipicu lantaran kurang maksimalnya program CRS itu kepada masyarakat sekitar.

BACA JUGA:Unggul 6 - 1 atas LOBAR FC, Team Sepak Bola Niur Siap Melayang Menang

 

 

Contoh lainnya dampak akibat pencemaran pertambangan baru bara. Debu-debu tambang batu bara perusahaan yang bisa menganggu kesehatan masyarakat juga wajib mengeluarkan program CSR.

 

 

Mengenai program CSR perusahan-perusahaan di wilayah Kabupaten Benteng ini, ia menilai sejauh ini belum terlalu transparan diberikan kepada masyarakat. 

 

 

"Padahal, setiap tahun perusahaan wajib mengeluarkan dana CSR untuk membantu kesejahteraan masyarakat.''

BACA JUGA:Ini Bocoran Kriteria Penilaian Calon Anggota KPU Provinsi Bengkulu, Penyelenggara Berpeluang Besar

 

 

Bentuknya bisa berupa dana segar, pelatihan-pelatihan, bantuan pengadaan pendidikan atau pembangunan sarana fisik. Tapi sejauh ini banyak perusahaan di Benteng yang tak transparan.

 

 

Misalnya dalam satu tahun berapa besar dana CSR yang dikeluarkan perusahaan, sambungnya, nah, ini harus disampaikan ke pemerintah daerah agar publik tahu.

 

 

Ditambahkan, sejauh ini CSR tiap-tiap perusahaan belum berjalan sesuai yang diharapkan masyarakat.

BACA JUGA:Penuhi Tuntutan FKRTRW, Pemkot Bengkulu Berikan Gedung Eks PD RAN Untuk Sekretariat

 

 

Perusahaan harusnya lebih transparan dalam mengelolah anggaran CSR.

 

 

"CSR itu penting sekali agar masyarakat sekitar turut menikmati hasil keuntungan yang diperoleh perusahaan. CSR juga berdampak positif untuk mengindari gejolak tuntutan masyarakat," jelasnya.

 

 

Menurutnya, mengenai bentuk penyaluran program CSR, pihak perusahaan bisa bekerjasama dengan aparat pemerintah di tingkat desa, kecamatan hingga pemerintah daerah.

BACA JUGA:Luar Biasa, Bengkulu Selatan Terima Penghargaan Bebas Penyakit Frambusia

 

 

"Jika program CSR seluruh perusahaan di Benteng berjalan baik, transparan dan akuntabel maka dapat tercipta hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan masyarakat sekitar," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: