Ini Masukan Pemuda untuk Atasi Fluktuatif Harga Komoditi Pertanian di Bengkulu Tengah

Ini Masukan Pemuda untuk Atasi Fluktuatif Harga Komoditi Pertanian di Bengkulu Tengah

Petani sedang mengambil getah karet-Ist-

BENTENG, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Masih melorotnya harga komoditi getah karet di tingkat pengumpul (toke) di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) terus dikeluhkan oleh penyadap karet.

Guna mengatasi permasalahan harga tersebut, salah seorang tokoh pemuda Kabupaten Benteng, Verizal,SE mengusulkan dinas terkait agar dapat membangun Pasar Lelang Karet.

BACA JUGA:200 Peserta Meriahkan Latihan Bersama Trail Adventure Polsek Giri Mulya

 

 

 

 

Ini bertujuan untuk mempertahankan mutu serta mengangkat kembali harga komoditas yang menjadi salah satu komoditi pertanian andalan Kabupaten "Maroba Kite Maju" ini.

Dikatakannya, selama ini harga karet cenderung fluktuatif. Karena, panjangnya mata rantai penjualan dan tertutup akses bagi petani untuk mendapatkan informasi perkembangan harga karet.

BACA JUGA:Suhu Panas, Dinkes Imbau Masyarakat Dalam Rumah Saja Dulu, Saat Ini Posisi Matahari Tegak Lurus

 

 

 

 

"Dengan adanya pasar lelang karet ini, akses harga itu terbuka luas bagi masyarakat," terangnya.

Ia berharap, dinas terkait bisa segera membuat tim dan segera melakukan peninjauan lokasi-lokasi yang potensial untuk dijadikan sebagai tempat pembangunan pasar lelang karet pada setiap Kecamatan.

Menurut dia, fluktuatifnya harga karet saat ini merupakan hal yang biasa. Dimana kebutuhan pasar terhadap karet rendah, maka dampaknya akan membuat harga beli karet semakin turun. Bahkan sampai ke level terbawah.

 

 

 

 

Ditambahkan, karet hingga saat ini merupakan salah satu komoditas kompetensi inti pertanian di wilayah Benteng. Kemudian disusul sawit, padi dan kopi. Sehingga Pemkab harus terus berupaya melakukan pengembangan agar dapat menyejahterakan masyarakat.

"Harapan kita jika pasar lelang karetnya sudah dibangun, para petani tidak akan pernah mengalami kerugian lagi. Karena harga karet akan terus stabil mengikuti perkembangan harga karet dunia yang berlaku saat ini," imbuhnya.

 

 

 

 

Dibagian lain, diharapkannya juga, selain membangun Pasar Lelang Karet, secara perlahan pihak Pemkab melalui dinas terkait bisa melakukan pengembangan kebun karet rakyat secara kontinyu, sehingga kedepan komoditi karet bisa berkembang dengan luas di kabupaten paling bungsu di Provinsi Bengkulu ini. 

BACA JUGA:Wabup Bengkulu Utara Harapkan Komitmen Bersama untuk Pertahankan Predikat Terbaik Soal Stunting

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: