HUT ke 26, SMKN 4 Kota Grand Opening Tefa Enggano Motor

HUT ke 26, SMKN 4 Kota Grand Opening Tefa Enggano Motor

Kadis Dikbud Ery Yulian Hidayat, M.Pd saat menggunting pita grand opening Enggano Motor didampingi oleh Kabid Pembinaan SMK Dikbud Provinsi, Reiner, MM, Kepala SMKN 4 Kota Dr. Paidi, M.T.Pd, Senior Manager PT. Thamrin Brothers Sumatera Selatan, Wahidin, -Adam-


Kadis Dikbud Ery Yulian Hidayat, M.Pd, Kabid Pembinaan SMK Dikbud Provinsi, Reiner, MM, Kepala SMKN 4 Kota, Dr. Paidi, M.T.Pd, Senior Manager PT. Thamrin Brothers Sumatera Selatan, Wahidin, Direktur PT. Jago, Wawan, Syaripin Effendi, S.Pd, Marjon, M.Pd, -Adam-

 

 

BENGKULU, RADARBENGKULUONLINE.COM  - Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Kota Bengkulu, Jumat pagi (24/2) menggelar tasyakuran HUT SMKN 4 Kota Ke-26 Tahun dan Grand Opening Teaching Factory (Tefa) Enggano Motor.

 

Dari pantauan RADARBENGKULUONLINE.COM ,  acara ini dihadiri langsung oleh Kadis Dikbud Provinsi Bengkulu, Ery Yulian Hidayat, M.Pd.

 

Turut hadir, Kabid Pembinaan SMK Dikbud Provinsi, Reiner, MM, Kepala SMKN 4 Kota Dr. Paidi, M.T.Pd, Senior Manager PT. Thamrin Brothers Sumatera Selatan, Wahidin, Direktur PT. Jago, Wawan, Lanal, Polsek.

BACA JUGA:Unggul 6 - 1 atas LOBAR FC, Team Sepak Bola Niur Siap Melayang Menang

 

Kemudian, sesepuh SMKN 4 Kota diantaranya, Syaripin Effendi, S.Pd, Marjon, M.Pd, Idris, Lurah Pasar Bengkulu, Pengawas Pembina, Pengawas SMK, Pengurus Komite dan seluruh guru SMKN 4 Kota Bengkulu serta para siswa.

 

Dihadapan para undangan, Dr. Paidi, M.T.Pd memaparkan beberapa keberhasilan SMKN 4 Kota Bengkulu.

 

"Di hari jadi ke-26 tahun ini, kami mengambil tema Optimis Menjadi Kreatif dan Inovatif Yang Berkarakter di Era Industri 4.0. Tahun 2022 lalu, ''  terang Ketua MKKS SMK Kota  Bengkulu ini.

BACA JUGA:Orang Bengkulu Ini Angkat Orang Minang Kabau Jadi Pemimpin, Ada Apa Ya?

 

SMKN 4 Kota Bengkulu, lanjutnya,  ditetapkan oleh Direktorat SMK menjadi SMK Pusat Pemadanan Skema industri. Bentuk implementasi kerjasama  dengan PT. Thanrin Brothers dan PT. Jago diantaranya, penyesuaian kurikulum dengan kurikulum yang link dan match dengan Yamaha, dibantu dengan adanya guru bantu dan instruktur, praktik kerja lapangan dan guru kita ditraining untuk menyesuaikan kompetensi, bantuan peralatan praktik.

 

''Alhamdulillah hari ini kita mendapat donasi 1 unit motor, untuk Tefa hari ini kita meresmikan wujud riilnya, yaitu Enggano Motor, untuk sertifikasi juga sudah dilakukan," terangnya.

 

2023 ini, lanjut Paidi, pihaknya mengajukan usulan menjadi SMK Pusat Pemadanan Skema Industri Dua Lanjutan.

BACA JUGA:Pemda Kota Bengkulu Gelar Peringatan Isra Mikraj

 

"In shaa Allah Pak Kadis dan Pak Kabid, tahun ini kami mengajukan kembali melakukan usulan menjadi SMK Pusat Pemadanan Skema Industri Dua Lanjutan. Tanggal 6-8 Maret 2023, kami bersama-sama perusahaan yang lama, diantaranya PT.Thamrin Brothers dan PT.Jago dan ditambah tiga perusahaan baru yaitu, PT. Pancuran Samudera dari Jawa Tengah, PT. Kawan Lama dan PT. Auto Prima Arista (Honda Arista) siap bermitra dan memberikan dukungan. Dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pak Kadis dan Pak Kabid untuk pembangunan SMK.''

 

Wahidin selaku Senior Manager PT. Thamrin Brothers Sumatera Selatan mengemukakan, semoga kesuksesan SMKN 4 Kota Bengkulu dapat 'ditularkan' kepada ke SMK lain di Provinsi Bengkulu.

 

"PT.Thamrin Brothers, grup kami Thamrin Grup, Wilayah kami di Sumatera Selatan, Bengkulu dan Jakarta. Thamrin Grup bergerak dibidang perhotelan, properti dan perumahan. Untuk bidang otomotif, seperti Hino, Suzuki, Honda, Mercedes Benz. Untuk motor adalah Yamaha. Sektor perhotelan, seperti di Palembang kami memiliki hotel Ibis,'' ujar Wahidin.

BACA JUGA:Ini Bocoran Kriteria Penilaian Calon Anggota KPU Provinsi Bengkulu, Penyelenggara Berpeluang Besar

 

Di Provinsi Bengkulu, lanjutnya, pihaknya menjalankan kerjasama-kerjasama dengan SMK. Karena kami sadar, pendidikan merupakan tanggung jawab kita bersama.

 

''Selain itu, SMK  merupakan 'bank' SDM kita, karena dalam keseharian bisnis, kami butuh man power. Darimana man powernya ? Kami ambil dari SMK. Karena man powernya dari SMK, maka standar kualitasnya harus sesuai dengan kebutuhan industri. Karena itu kami hadir di SMK mulai dari proses pembelajaran, sarana praktek hingga guru yang mengajar. Nah, saat ini di SMKN 4 Kota kami mulai juga ke bagian marketing atau penjualan, ini bahwa kami menggunakan produk sebagai alat bantu pembelajaran. Harapan kami, setelah tamat dari SMKN 4 Kota ini khususnya jurusan TBSN sudah siap kerja dan tersertifikasi industri dan semoga kesuksesan ini dapat ditulatkan ke SMK lain yang berada di Provinsj Bengkulu ini," katanya.

 

Sambung Wahidin, jika dalam satu tahun unit entry yang masuk ke Enggano Motor 400, maka pihaknya akan ajukan menjadi jaringan resni nasional.

BACA JUGA:Penuhi Tuntutan FKRTRW, Pemkot Bengkulu Berikan Gedung Eks PD RAN Untuk Sekretariat

 

"Saya minta Teaching Factory (Tefa) Enggano Motor ini dikelola secara mandiri atau profesional, tidak dalam bentuk yang sama dalam sekolah. Dan saya pastikan, kalau dalan waktu satu tahun kedepan dan unit entry yang masuk 400-500, maka akan kami ajukan ke Yamaha Indonesia untuk diangkat menjadi jaringan resmi secara nasional," tandasnya.

 

Dalam kata sambutannya, Kadis Dikbud Provinsi menyebut, mess Pemda Provinsi akan dikelola Dinas Dikbud Provinsi Bengkulu.

 

"Mendengar sambutan dari Pak Wahidin tadi, kami baru mengetahui jika Thamrin Grup juga memiliki cabang bisnis perhotelan. Untuk diketahui, sudah disepakati yang akan mengelola mess Pemprov Bengkulu adalah Dikbud Provinsi Bengkulu, yaitu dalam hal ini SMK Pariwisata, bahkan se Nasional pun belum ada yang punya, baru kita. Untuk itu, semoga kita dapat bekerjasama dengan PT. Thamrin Brothers (Thamrin Grup, red) untuk mencetak siswa yang siap pakai," ujar Ery.

BACA JUGA:Luar Biasa, Bengkulu Selatan Terima Penghargaan Bebas Penyakit Frambusia

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: