Banner Perpustakaan

Nyaris Punah, Makanan Tradisional Kabupaten Seluma, Pemkab Gelar Festival Kuliner Daerah

Nyaris Punah, Makanan Tradisional Kabupaten Seluma, Pemkab Gelar Festival Kuliner Daerah

Bupati ngaduk gelamai, dalam Festival makanan Khas daerah-Wawan-

SELUMA, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Berbagai masakan khas tradisional daerah dewasa ini sudah nyaris punah. Termasuk di Kabupaten Seluma.
 
Berbagai makanan tradisional  khas seperti bebutok, remis, gelamai, tempuyak, beruas, tat, cucur dan lain-lainnya sudah nyaris punah.
 
 
 
 
Beberapa makanan tradisional memang tidak memiliki variasi jenis atau rasa jika dibandingkan dengan makanan modern. Sesuai namanya, proses memasak makanan tradisional menggunakan alat yang masih tradisional juga, yang mana beberapa alat tersebut kurang praktis dalam penggunaannya. 
 
 
 
 
 
Oleh karena itu, banyak orang enggan membuat dan menjual makanan tradisional.
 
Di Seluma, untuk melestarikan masakan kuliner khas Seluma, Pemkab terus berperan dengan menggelar Festival kuliner khas Seluma yang di pusatkan di Taman Wisata Kota pada Senin (13/3).
 
 

 

 
 
Festival Kuliner khas Seluma yang digelar melibatkan seluruh OPD, tokoh adat, masyarakat dan semua pihak. 
 
" Saya sangat berharap agar  kuliner tradisional asli Seluma dihidupkan kembali dan menjadi ciri khas kita Kabupaten Seluma," sampai Bupati Seluma, Erwin Oktavian SE. 
 
 
 
 
 
Bupati mengakui, sejumlah makanan tradisional Seluma saat ini mulai langka, sehingga perlunya diwariskan oleh para generasi muda. 
 
" Kegiatan semacam ini adalah bagian untuk mempertahankan tradisi leluhur. Saat ini masakan ini mulai hilang. Sehingga harus kita hidupkan dan galakan kembali di masyarakat,” sampai Erwin.
 
 
 
 
 
Sementara itu, untuk menambah kemeriahan festival, juga dilaksanakan lomba memarut kelapa yang diikuti oleh semua OPD. Festival Kuliner khas Seluma ini, ditutup dan diakhiri dengan makan bersama. (0ne) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: