Ayo Lunasi, Kuota Calon Jemaah Haji Provinsi Bengkulu 1.615 Orang

Ayo Lunasi, Kuota Calon Jemaah Haji Provinsi Bengkulu 1.615 Orang

Umat Islam sedang menunaikan ibadah haji-Ist/disway.id-

BENGKULU, RADARBENGKULU.DISWAY.ID -  Menteri Agama RI melalui Surat Edaran Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah telah menetapkan nama-nama calon jemaah haji (CJH) tiap provinsi dan yang berhak melunaskan biaya haji.  Untuk Provinsi Bengkulu total ada 1.615 jemaah. Terdiri dari 1.533 CJH reguler. 

BACA JUGA:Antusias Sekali, Tahanan Polsek Gading Cempaka Ikut Tarawih Bersama

 

 

Rincian calon jemaah haji reguler di Provinsi Bengkulu adalah,  Kota Bengkulu 293 orang, Bengkulu Utara 190 orang, Bengkulu Selatan 121 orang.Rejang Lebong 221 orang, Mukomuko 167 orang, Seluma 162 orang, Kaur 101 orang, Kepahiang 103 orang. Lebong 88 orang, Bengkulu Tengah 87 orang

BACA JUGA: Mengaku, Ibu Muda Bengkulu Utara Ini Terancam 15 Tahun Penjara

 

 

Sedangkan Untuk CJH reguler ini terdiri atas tiga kategori. Pertama CJH tunda 2020 dan tidak mengambil pelunasan tidak dikenakan biaya tambahan.

BACA JUGA:Ini Bukti PT Hutama Karya Juga Peduli Pendidikan

 

 

Kedua CJH, tunda 2022 yang tidak mengambil pelunasan, cukup membayar selisih pelunasan dikurangi dengan virtual account sebesar Rp 9,4 juta.

BACA JUGA:Ini 5 Nama Timsel Bawaslu Provinsi

 

 

Terakhir CJH yang berangkat sesuai porsi haji akan melunaskan sebesar Rp 23,5 juta. Namun ditekankan, untuk besaran biaya pelunasan ini masih menunggu Kepres. Karena besaran biaya per embarkasih berbeda. Untuk CJH Bengkulu akan menginduk ke embarkasi Padang. 

BACA JUGA:Ini 10 Nama Calon KPU Provinsi Yang Dikirim ke KPU RI, Hanya Satu Incumbent, Tak Ada Perwakilan Perempuan

 

 

Selain itu, tahun ini juga disediakan kuota prioritas untuk jemaah lansia. CJH yang berangkat diurutkan berdasarkan usia tertua. Di Bengkulu CJH tertua berusia 93 tahun.

BACA JUGA:Ramai Jamaahnya, Hamsar Ansari HSB Isi Kultum di Musala Al-Hamid Padang Serai

 

 

"Jemaah Haji lanjut usia diurutkan berdasarkan usia tertua dengan masa tunggu paling sedikit 5 tahun di masing-masing provinsi sesuai kuota, dengan usia minimal 65 tahun sebelum tanggal 24 mei 2023."

BACA JUGA:Lebih Kurang 1 Jam Setengah, Dua Maling Gasak Uang Mahasiswa Ditangkap, Manjat Plafon

 

 

Isi Surat Edaran Dirjen PHU, Calon jemaah haji diminta segera melakukan konfirmasi pelunasan biaya haji. Untuk CJH reguler ini terdiri atas tiga kategori.

BACA JUGA:Hindari Uang Palsu, Tukarkan Uang Anda Melalui Kasling atau Gerai Resmi Lainnya

 

 

Pertama CJH tunda 2020 dan tidak mengambil pelunasan tidak dikenakan biaya tambahan.  Kedua CJH tunda 2022 yang tidak mengambil pelunasan, cukup membayar selisih pelunasan dikurangi dengan virtual account sebesar Rp 9,4 juta. Terakhir CJH yang berangkat sesuai porsi haji akan melunaskan sebesar Rp 23,5 juta. 

BACA JUGA:Ada Apa? Pengumuman 10 Besar Calon Komisioner KPU Ditunda

 

 

Namun ditekankan, untuk besaran biaya pelunasan ini masih menunggu Kepres. Karena besaran biaya per embarkasi berbeda. Untuk CJH Bengkulu akan menginduk ke embarkasi Padang. 

BACA JUGA:Sukarni Dunip: BPP Harus Sesuai Dengan Fungsinya

 

 

Selain itu tahun ini juga disediakan kuota prioritas untuk jemaah lansia. CJH yang berangkat diurutkan berdasarkan usia tertua. Di Bengkulu CJH tertua berusia 93 tahun. 

BACA JUGA:Ini yang akan Dilakukan Polres Mukomuko untuk Antisipasi Balap Liar dan Pelanggaran Lalin

 

 

"Jemaah Haji lanjut usia diurutkan berdasarkan usia tertua dengan masa tunggu paling sedikit 5 tahun di masing-masing provinsi sesuai kuota, dengan usia minimal 65 tahun sebelum tanggal 24 Mei 2023," isi surat edaran dirjen PHU.

BACA JUGA: Ramadan, Pemahaman dan Keutamaannya

 

 

Sedangkan untuk jumlah calon jemaah haji prioritas lansia di Bengkulu, Kota Bengkulu 18 orang, Bengkulu Utara 10 orang, Bengkulu Selatan 12 orang, Rejang Lebong 6 orang, Mukomuko 3 orang, Seluma 6 orang, Kaur 6 orang, Kepahiang 8 orang, Lebong 5 orang, Bengkulu Tengah 7 orang.

BACA JUGA:Operasi Pekat, Polres Benteng Bawa 64 Botol Miras

 

 

Selain itu dalam edaran juga disiapkan calon jemaah cadangan sebanyak 153 orang atau 15 persen dari total kuota.  Berikut sebaran calon jemaah haji cadangan di Bengkulu, Kota Bengkulu 29 orang, Bengkulu Utara 19 orang, Bengkulu Selatan 12 orang, Rejang Lebong 22 orang, Mukomuko 17 orang, Seluma 16 orang, Kaur 10 orang, Kepahiang 10 orang,  Lebong 9 orang, Bengkulu Tengah 9 orang. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: