Ini Dia Cara Bengkulu Selatan Hadang Kematian Ibu dan Anak

Ini Dia Cara Bengkulu Selatan Hadang Kematian Ibu dan Anak

Kepala Dinkes Bengkulu Selatan, Didi Ruslan,M.Si memberikan arahan kepada petugas kesehatan-Fahmi-

MANNA, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan  membentuk Tim Audit Maternal Perinatal Surveilans dan Respon (AMP-SR).

Ini nantinya diharapkan bisa meminimalisir kematian ibu dan anak pada saat melahirkan.

 

 

 

 

 

 

Kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan, Didi Ruslan M.Si mengatakan, AMP-SR merupakan suatu bentuk surveilans berkelanjutan yang menghubungkan sistem informasi kesehatan dan proses peningkatan kualitas untuk menurunkan kematian ibu dan anak. Untuk memastikan efektivitasnya, maka diperlukan kegiatan pendampingan AMP-SR oleh pihak eksternal.

"Apalagi untuk wilayah yang tenaga dokter spesialisnya obgin maupun spesialis dokter anak yang masih kurang,dengan dilakukan teknis pelaksanaan secara terus menerus dan perbaikan regulasi atau kebijakan sehingga kebutuhan ibu hamil bisa terpenuhi hingga proses persalinan,"papar Didi.

BACA JUGA:Nyaris Punah, Bupati Seluma Lestarikan Budaya Sekujang dan Pawai Obor Ramaikan Malam Lebaran

 

 

 

Selain itu, diharapkan proses AMP-SR menjadi lebih baik dalam menjawab sebab kematian dan akar masalah di masing-masing daerah. Sehingga angka kematian ibu dan anak bisa ditekan dengan memberikan pemantauan dan pengawasan serta rutin melakukan pemeriksaan.

BACA JUGA:Karutan Bengkulu Farizal : Semoga Menjadi Lebih Baik Lagi, Pelayanan Tetap Dibuka

 

 

 

 

"Untuk ibu hamil ataupun calon ibu,harus memahami konsep untuk mempunyai anak. Sehingga pada saat kelahiran ibu dan anak bisa sehat. Selin itu, kita berharap pihak keluarga juga melakukan pendampingan,"pungkas Didi.

BACA JUGA:Meriah, Sambut Hari Raya Idul Fitri, Warga Pawai Obor Kelilingi Pondok Besi

BACA JUGA:Khotbah Idul Fitri: Idul Fitri Momentum Meningkatkan Ukhuwah Nasabiyah, Islamiyah, Basyariah dan Watoniyah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: