Masing-Masing RW di Kota Bengkulu Disiapkan 1 Personel Polisi

Masing-Masing RW di Kota Bengkulu Disiapkan 1 Personel Polisi

Kapolresta Bengkulu, Kombes Pol Aris Sulistyono -Ronal-

BENGKULU, RADARBENGKULU.DISWAY.ID  - Kapolresta Bengkulu, Kombes Pol Aris Sulistyono meresmikan 301 anggota kepolisian menjadi Polisi RW (Rukun Warga) untuk bersiaga di ibukota Provinsi Bengkulu.

 "Pada hari ini Polresta Bengkulu selesai melaksanakan apel besar dalam rangka meresmikan Polisi RW  sebanyak 301 personel," kata Aris.

BACA JUGA:Pelajar di Mukomuko Terlibat Kasus Narkoba

 

 

 

 

Ia menyebutkan, sebanyak 301 Polisi RW tersebut akan disiagakan di sembilan kecamatan dengan masing-masing RW disiapkan satu personel polisi masyarakat.

"Penyiagaan Polisi RW tersebut untuk melaksanakan tugasnya agar dapat membantu dalam mengelola persoalan sosial di masing-masing rukun warga," ujarnya.

BACA JUGA:Pantai Seluma Ditanam 1.200 Batang Pohon Mangrove

 

 

 

 

Ia menjelaskan, dengan adanya keberadaan polisi RW tersebut dapat bersinergi dengan anggota Bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas) dan Bintara pembina desa (Babinsa) dari TNI.

"Dengan keberadaan polisi RW, Bhabinkamtibmas dan Babinsa maka persoalan sosial tidak akan lewat begitu saja. Namun, akan dikelola dengan baik ditingkat RW dan diharapkan tidak berujung pada persoalan yang nantinya akan dilaporkan ke kepolisian atau laporan polisi," ujar Aris.

 

 

 

 

Selain itu, kata dia, dalam menyelesaikan permasalahan sosial, Polisi RW juga akan mengajak dan mengikutsertakan seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda dalam menyelesaikan masalah di tengah masyarakat. 

Aris menjelaskan Polisi RW merupakan program dari Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri (Kabaharkam) sebagai wujud Polri yang prediktif dan proaktif.

 

 

 

 

 Sehingga pada pelaksanaannya Polisi RW akan bersinergi dengan seluruh potensi masyarakat yang ada di rukun warga masing-masing.

"Dengan keberadaan Polisi RW yang berada di tingkat rukun warga tentu lebih mengintensifkan komunikasi kepada masyarakat, apapun bentuk komunikasi ataupun masalahnya," ujarnya.

BACA JUGA:Lapas Arga Makmur Digeledah, Ini Hasil yang Didapat

 

 

 

 

Ia juga mengatakan pihaknya akan melakukan evaluasi setiap waktu guna mengetahui kendala dan masalah yang dihadapi di tengah masyarakat sebagai kinerja Polisi RW. 

BACA JUGA:Gagal Daftarkan Bacaleg ke KPU Mukomuko, Pengurus dan Kader Partai Garuda Siap Hijrah

BACA JUGA:Edwar Samsi: Pemprov Bengkulu Harus Evaluasi Pelaksanaan PPDB

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: