Jemput Bola, Dukcapil Kota Bengkulu Kejar Target KIA

 Jemput Bola, Dukcapil Kota Bengkulu Kejar Target KIA

Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu-Azmaliar Zaros-

BENGKULU, RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bengkulu, Widodo, menyampaikan Kepemilikan Kartu Identitas Anak (KIA) di Kota Bengkulu hingga saat ini mencapai 50 persen dari target 60 persen terhadap 17 ribu anak di Tahun 2023. 

BACA JUGA:Gubernur Rohidin: Kalau ASN Semangat Sekali Berpolitik, Sebaiknya Mundur Saja

 

 

 

 

"Sudah ribuan anak usia 0-16 tahun di Kota Bengkulu telah memiliki KIA," ungkapnya. 

 

 

 

Dukcapil pun mengejar target 10 persen dengan berbagai upaya. Yakni, dengan pencatatan langsung ketika anak lahir di RSUD Kota Bengkulu. Kemudian, menyambangi sekolah-sekolah, dan melakukan jemput bola dengan mobil keliling.

Tak hanya itu, pihaknya juga mendorong pembuatan KIA bagi anak dengan memberikan potongan harga pembelian buku di Gramedia dengan syarat menunjukan atau membuat KIA.

 

 

 

"Pemenuhan kepemilikan KIA sebagai upaya untuk mengejar target capaian kinerja, yakni menuntaskan dokumen Administrasi Kependudukan (Adminduk) bagi warga Kota Bengkulu," kata dia.

Apalagi KIA turut menjadi indikator penilaian kota layak anak, dimana dengan ketercapaian yang tinggi membuktikan Kota Bengkulu ramah anak.

BACA JUGA:Ini Dia Ketua KPU Bengkulu Selatan yang Baru

 

 

 

Adapun manfaat KIA, antara lain untuk pemenuhan hak anak, menjamin akses sarana umum, hingga untuk mencegah terjadinya perdagangan anak. Karena, melalui identifikasi diri, akan mudah dideteksi petugas.

"Manfaatnya untuk memudahkan anak dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, pendidikan, untuk keperluan membuka rekening tabungan di perbankan, keperluan pembelian tiket transportasi dan lainnya," demikian Widodo. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: