Ini di Mukomuko, Kecamatan Bisa Dapat Tambahan Dana Ratusan Juta, Asalkan...

Ini di Mukomuko,  Kecamatan  Bisa Dapat Tambahan  Dana Ratusan Juta, Asalkan...

Kabag Pemerintahan Setdakab Mukomuko, Nasuharto, S.STP-Seno-radarbengkulu.disway.id

RADARBENGKULU.DISWAY.ID - Pemerintah Kecamatan di Kabupaten Mukomuko bisa mendapat tambahan dana puluhan juta, bahkan sampai ratusan juta asalkan bisa bekinerja terbaik. Tambahan dana ini melalui program reward bagi kecamatan berkinerja terbaik.

 Hal ini disampaikan Kabag Pemerintahan Setdakab Mukomuko, Nasuharto, S.STP.

BACA JUGA:Wow! Inilah Ajang Silaturahmi Terbesar Warga Bengkulu

 

Pemkab Mukomuko melalui Bagian Pemerintahan setiap tahun melakukan penilaian kinerja pemerintah kecamatan. Ada 4 indikator yang menjadi penilaian yakni penyelenggaraan pemerintahan umum, tugas Bupati yang dikimpahkan ke kecamatan, pelayanan terpadu kecamatan (Paten), dan tugas lain yang dilimpahkan dalam hal ini PKK dan inovasi. 

"Penilaian dilakukan 2 tahap. Penilaian laporan dan pemantauan di lapangan," terang Nasuharto. 

BACA JUGA:Hikmah Asy-Syuro (10 Muharam)

 

Bagi 3 kecamatan dengan nilai tertinggi akan mendapat reward berupa tambahan dana yang dapat dimanfaatkan untuk penunjang urusan pemerintah. Salah satunya pengadaan sarana dan prasarana (Sapras). 

Sebaliknya, lanjut Nas, bagi 3 kecamatan dengan nilai terendah, maka akan diberikan sanksi. Setidaknya sanksi teguran. 

BACA JUGA:Prihatin Keadaan Masyarakat , Bupati Mian Turun Tangan Soal Gas LPG 3 Kg

 

"Desa terbaik 3 bisa dapat tambahan dana Rp 50 juta, terbaik 2 dapat Rp 75 juta, dan terbaik 1 bisa dapat reward Rp 100 juta. Dana tersebut untuk penunjang urusan pemerintah. Misal, beli meja atau Sapras lain," papar Kabag Pemerintahan. 

Pada tahun 2022 lalu, pihaknya sudah melakukan penilain. Tiga kecamatan yang akan mendapatkan reward tersebut yakni terbaik 1 Kecamatan Ipuh. Kedua, Kecamatan Teramang Jaya dan terbaik 3 Kecamatan Air Dikit.

BACA JUGA:Muharam Itu Bulan Kemenangan

 

Hanya saja, reward kinerja terhadap 3 kecamatan itu belum direalisasikan. Sebab belum tersedia anggaran. Pihaknya sudah merencanakan, reward akan direalisasikan pada ABPD-Perubahan 2023. 

"Terkait kebutuhan dana reward ini sudah kami sampaikan kepada Bappelitbangda. Harapnya bisa diakomodir pada APBD-Perubahan," sampai Nas.

BACA JUGA:Luar Biasa, Presiden Jokowi Datang , Omzet Pedagang di Arena Tabut Bengkulu Naik Drastis

 

Sementara, untuk penilaian kinerja tahun 2023, tim dari Bagian Pemerintahan tengah melakukan penilaian laporan. Dan dalam waktu dekat akan turun ke lapangan. 

Ditambahkannya, sejak 2 tahun terakhir, 15 pemerintah kecamatan antusias menyampaikan laporan capaian kinerja yang menjadi indikator penilaian.

BACA JUGA:Bupati Gusnan: Tidak Ada yang Dipalsukan Data Itu, Ini Ada Unsur Politik

 

"Mulai 2022, semua kecamatan menyampaikan laporan. Sebelum itu masih ada kecamatan yang tidak menyampaikan laporan. Otomatis tidak bisa dinilai. Kalau sekarang sudah menyampaikan laporan semua," pungkas Nasuharto. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu.disway.id