5 Kabupaten Penerima Dana Bagi Hasil Sawit Terbesar di Atas Rp 30 Miliar, Monggo Cek, Daerah Kalian Bukan?

5 Kabupaten Penerima Dana Bagi Hasil Sawit Terbesar di Atas Rp 30 Miliar, Monggo Cek, Daerah Kalian Bukan?

DBH sawit provinsi Bengkulu dipergunakan untuk proyek infrastruktur dan keberlangsungan kelapa sawit/Poto ilustrasi kebun sawit-ist-

Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau berhak mendapat jatah DBH sawit sebesar Rp 43,3 miliar. DBH sawit yang bakal diterima sebesar itu, menempatkan Indragiri Hilir sebagai kabupaten yang memperoleh DBH sawit terbesar kedua. Dikutip dari riau.bps.go.id pada tahun 2019, luas lahan perkebunan sawit di Kabupaten Indragiri Hilir mencapai 227.802 hektar. Dengan jatah DBH sawit sebesar Rp 43,3 miliar, tentu Pemkab Indragiri Hilir bisa melakukan akselerasi pembangunan di daerahnya. 

BACA JUGA:Gerindra Mukomuko Minta Pemerintah Kaji DBH Sawit Untuk BPJS Warga Pemanen dan Pelangsir Sawit

3. Rokan Hilir, Riau

 

Masih di Provinsi Riau. Kabupaten Rokan Hilir mendapat jatah DBH sawit terbesar ketiga pada tahun 2023. Rokan Hilir mendapat jatah dana bagi hasil perkebunan sawit sebesar Rp 39,2 miliar. Meski mendapat jatah DBH sawit lebih kecil dari Kabupaten Indragiri Hilir, luas lahan sawit di Rokan Hilir, Riau lebih luas ketimbang Indragiri Hilir.Dikutip dari riau.bps.go.id luas lahan perkebunan sawit di Kabupaten Rokan Hilir tercatat seluas 282.289 hektar pada tahun 2019. 

BACA JUGA:Ini Provinsi Raja Sawit di Indonesia, Ternyata Bukan di Pulau Kalimantan

4. Kutai Timur, Kaltim 

Kabupaten yang menerima DBH sawit terbesar ke empat kembali lagi ke Pulau Kalimantan. Tepatnya di Provinsi Kalimantan Timur, yakni Kabupaten Kutai Timur. Dikutip dari kutaitimurkab.go.id Daerah ini memiliki luas lahan sawit sekitar 450.000 hektar. Meski perkebunan sawit di Kutai Timur jauh lebih luas dibandingkan dengan 3 daerah sebelumnya, Kabupaten Kutai Timur hanya menerima DBH sawit sebesar Rp 37,4 miliar. 

 

5. Kabupaten Kampar, Riau

 

Kabupaten yang menerima DBH sawit terbesar kelima kembali ke Provinsi Riau, yakni Kabupaten Kampar. Kampar senasib dengan Kutai Timur. Luas lahan sawit mereka tercatat 418.236 hektar. Jauh melampaui luas lahan kabupaten yang mendapat jatah DBH sawit terbesar urutas 1 sampai 3. Kabupaten Kampar, pada tahun 2023 mendapat jatah dana bagi hasil perkebunan sawit sebesar Rp 34,7 miliar. 

 

Untuk diketahui, DBH sawit dapat dimanfaatkan oleh pemerintah daerah baik provinsi dan kabupaten/kota membangun infrastruktur penunjang perkebunan sawit dan kegiatan lain seperti rehabilitasi hutan, perlindungan sosial pekerja perkebunan sawit dan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://radarbengkulu.disway.id