Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi 2024 & Memperkuat Sinergi Kebijakan untuk Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi

Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi 2024 & Memperkuat Sinergi Kebijakan untuk Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi

Foto bersama dengan stakeholders saat Pertemuan Tahunan Bank Indonesia-Adit/Rls-radarbengkulu

Meski demikian, fenomena El Nino masih menjadi potensi downside bagi pertumbuhan sektor pertanian. Perdagangan juga diantisipasi tumbuh seiring dengan meningkatnya volume perdagangan. Terutama pada komoditas tekstil, pakaian, dan makanan selama periode Pemilu.

 

Dari sisi pengendalian inflasi, inflasi Kota Bengkulu tahun 2023 diprediksi melambat menuju target inflasi nasional 3+1%. Faktor seperti peningkatan produksi pangan di daerah nonsentra dan efek penyesuaian harga BBM menjadi penyebab utama perlambatan ini.

 Program GNPIP dan TPID di Provinsi Bengkulu diharapkan dapat menurunkan inflasi bahan makanan. TPID Provinsi Bengkulu berupaya menjaga inflasi tetap rendah melalui kerangka 4K: Ketersediaan Pasokan, Keterjangkauan Harga, Kelancaran Distribusi dan Komunikasi Efektif.


Foto bersama disela-sela Pertemuan Tahunan Bank Indonesia-adit/ist-radarbengkulu

 

Risiko geopolitik, kondisi cuaca, dan program TPD serta GNPIP menjadi fokus utama dalam menurunkan inflasi. Di tengah tantangan ekonomi, sinergi dan kerjasama antar stakeholder menjadi kunci untuk menjaga optimisme pemulihan ekonomi.

 Langkah-langkah kebijakan diantaranya optimalisasi belanja daerah, koordinasi kebijakan antara pemerintah pusat, daerah, dan mitra strategis, serta peningkatan reformasi struktural untuk meningkatkan daya saing ekonomi daerah. Semoga langkah-langkah ini membawa manfaat bagi Provinsi Bengkulu ke depan.

 

Sementara itu, Wakil Gubernur Bengkulu, Dr. Rosjonsyah juga menyampaikan mengenai fundamental perekonomian Bengkuiu saat ini agar mengarah pada perekonomian yang memiliki efek pengganda jangka panjang dan berkelanjutan. Yakni melalui peningkatan investasi. 

Berbagai kebijakan dan program diupayakan pemerintah dalam rangka mewujudkan peningkatan investasi di Provinsi Bengkulu. Promosi ini dilakukan melalui pembentukan dan berbagai kegiatan dari Regonal investrment Relation Unit (RIRU) yang dinisiasi oleh Bank Indonesia dan mitra strategis lainnya. Investasi di Bengkulu menjadi kunci pertumbuhan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat Bengkulu. 

 

Pemerintah bersama dengan Bank Indonesia ingin menciptakan lingkungan investasi yang menarik bagi para investor di Provinsi Bengkulu.

Apresiasi juga diberikan untuk institusi dari sektor publik maupun swasta yang berupaya membawa investasi ke Bengkulu. Pemerintah Provinsi Bengkulu menyediakan fasilitas perizinan dan kemudahan berusaha sebagai daya tarik bagi para investor.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu