Dempo Rangkul Mahasiswa untuk Meningkatkan Minat Kuliah Muda-mudi di Desa

Dempo Rangkul Mahasiswa untuk Meningkatkan Minat Kuliah Muda-mudi di Desa

Dempo diskusi bersama putra putri kampus guna meningkatkan minat kuliah muda - mudi di desa-Windi-

 

RADAR BENGKULU - Ketua Komisi I DPRD Provinsi Bengkulu, Dempo Xler, S.IP, M.AP, bersama dengan putra dan putri kampus Provinsi Bengkulu, melakukan kolaborasi untuk merancang program yang bertujuan meningkatkan minat kuliah muda-mudi di desa.

Seperti diketahui bahwa rendahnya minat muda-mudi di desa terjadi karena berbagai macam faktor. Salah satu faktornya yakni kondisi ekonomi dan minat yang kurang dari pribadi anak. Bahkan di sejumlah sekolah menengah pertama SMP dan SMA di desa sudah mengalami minimnya jumlah jumlah siswa yang mendaftar. 

BACA JUGA: 4 Fakta Unik Sistem Pendidikan Jepang: Siswa Diajarkan untuk Mandiri Sejak Dini

Dalam sebuah sharing session yang berlangsung pada Kamis (7/12), Dempo Xler menjelaskan bahwa program ini berawal dari diskusi bersama putra dan putri kampus mengenai tantangan yang dihadapi oleh pemuda di desa-desa, terutama mereka yang baru lulus SMA.

 

"Saya berkesempatan berdiskusi bersama putra dan putri kampus membahas program tentang bagaimana anak-anak Bengkulu bisa melanjutkan kuliah," ungkap Dempo Xler.

BACA JUGA:Cari Tahu Trik Mahasiswa yang Berhasil Mempengaruhi Pendidikan Karakternya

Menurutnya, beberapa faktor seperti kendala finansial, kurangnya pemahaman tentang pentingnya pendidikan tinggi, dan persepsi bahwa kuliah tidak relevan bagi mereka yang sudah mapan secara ekonomi, menjadi hambatan utama.

 

"Ada banyak faktor pemuda di desa-desa tidak mau kuliah, ada yang tidak mampu, ada yang kurang pengetahuan, dan ada yang beranggapan kuliah tidak penting dengan paradigma kuliah hanya menghabiskan waktu dan pada akhirnya mencari pekerjaan lebih baik langsung bekerja. Itu adalah pemikiran yang keliru," jelas Dempo.

BACA JUGA:5 Contoh Pendidikan Karakter yang Bisa Diterapkan Dalam Kehidupan

Program ini akan disosialisasikan secara menyeluruh ke desa-desa di Provinsi Bengkulu dengan tujuan memberikan pemahaman kepada pemuda tentang pentingnya melanjutkan pendidikan tinggi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: