Belum Banyak yang Tahu, Petani Seluma Manfaatkan Limbah Pabrik Kelapa Sawit jadi Pakan Ternak

Belum Banyak yang Tahu, Petani Seluma Manfaatkan Limbah Pabrik Kelapa Sawit jadi Pakan Ternak

Petani Seluma Manfaatkan Limbah Pabrik Kelapa Sawit jadi Pakan Ternak-Wawan-radarbengkulu

RADARBENGKULU -  Masih banyak belum tahu, ternyata limbah pabrik sawit banyak manfaatnya. Salah satunya untuk pakan ternak.

Hal ini terkuak saat kegiatan Kosabangsa (Kolaborasi Sosial Membangun Masyarakat) tahun 2023 mengenai Teknologi Pemanfaatan Limbah Pabrik Kelapa Sawit untuk Produksi Cabai Hibrida Unib, Produksi Konsentrat Curmiyeast untuk Pakan Sapi dan Produksi Manggot Black Soldiar Fly sebagai Pakan Ikan di Desa Lawang Agung Kecamatan Air Periukan, Sabtu, 16 Desember 2023. 

BACA JUGA:Gara-Gara Ceceran Oli, Pengendara Sepeda Motor Tabrak Truk di Seluma Timur

 

Kegiatan ini dihadiri Bupati Seluma diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, H. Hendarsyah, S.IP, MT , Kabid Perkebunan Dinas Pertanian Provinsi Bengkulu, Rektor UNIVED, Ketua LPPM, Dekan, Pembantu Dekan, Rektor Unib diwakili Ketua LPPM.

Kemudian, Sekretaris LPPM, Dekan Fakultas Pertanian, Pembantu Dekan serta Mahasiswa, Camat Air Periukan, Danramil, Kapolsek Sukaraja, Para Kepala OPD atau mewakili yaitu Dinas PMD, Ketahanan Pangan, Perikanan, Pertanian, Kades Lawang Agung beserta Perangkat, Ketua BPD dan anggota, Gapoktan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, dan HRD PT Agri Andalas.

BACA JUGA:Pertama Diserahkan di Sengkuang Jaya, BPN Targetkan Program Sertifikat PTSL Tuntas di Seluma

 

Program Kosabangsa (Kolaborasi Sosial Membangun Masyarakat) merupakan hasil kolaborasi dalam pelaksanaan tri dharma antara insan akademik dari perguruan tinggi pelaksana dan perguruan tinggi pendamping.

 Asisten Pemerintahan dan Kesra H. Hendarsyah, S.IP, MT menyampaikan terima kasih dan apresiasi bahwa kegiatan Kosabangsa ini dilaksanakan di wilayah Kabupaten Seluma, yaitu Desa Lawang Agung, Kecamatan Air Periukan.

BACA JUGA:Kodim 0425 Seluma Tanam Pohon dan Bagikan Santunan

 

"Kosabangsa ini tentunya sejalan dengan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Seluma dalam mewujudkan Seluma ALAP, terutama dalam mewujudkan Seluma Desa/Kelurahan Maju", ujar Asisten Pemerintahan.

Kegiatan tersebut memanfaatkan limbah dari pohon sawit yang selama ini menjadi sampah, namun dengan bimbingan dan binaan serta kolaborasi dari para Akademisi UNIB dan UNIVED, PT. Agri Andalas, Pemkab Seluma dan Pemdes Lawang Agung dapat dijadikan atau dimanfaat sebagai pupuk dan pakan ternak dan ikan lele. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu