Warga Seluma Gagal Menyalurkan Hak Suaranya di Tempat Pemungutan Suara

Warga Seluma Gagal Menyalurkan Hak Suaranya di Tempat Pemungutan Suara

Wabup Seluma mencoblos di TPS 1 Kelurahan Sukaraja-Wawan-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Ada sejumlah proses dan tahapan Pemungutan Suara pada Pemilu 14 Februari 2024 menjadi catatan di Kabupaten Seluma.  Kondisi itu mulai dari hilangnya kesempatan hak suara  warga yang ingin mencoblos hingga persoalan tekhnis lainnya.

Diantaranya seperti yang terjadi di TPS 5 Batuan Kelurahan Sido Mulyo, Kecamatan Seluma Selatan. Dua warga terpaksa gagal menyalurkan hak suaranya lantaran terabaikan. Dua orang tersebut bernama Enung dan Mimin. Mereka  mengalami sakit sehingga tidak bisa datang ke TPS yang terdaftar di TPS 05 Kelurahan Sidomulyo. 

BACA JUGA: Elisa Ermasari Raih 40.000 Lebih Suara dalam Pemilihan Anggota DPD RI Dapil Bengkulu

 

"Orang tua saya sedang sakit dan habis operasi gagal ginjal. Saya sudah lapor ke petugas KPPS tapi tidak dilayani," sampai Jefrianto, anak dari Enung. 

Lebih lanjut dikatakannya, dirinya telah menyampaikan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS). Juga, Ketua KPPS TPS 5 jika ibunya sakit, dan meminta agar petugas KPPS untuk datang ke rumahnya. Namun hingga pemungutan suara selesai, tak satupun petugas PPS dan KPPS maupun pihak terkait datang ke rumahnya. 

BACA JUGA:Demi Sukseskan Pemilu, Pejabat Eselon II Seluma Ditugaskan Pantau Pemilu

 

"Saya sudah lapor ke petugas KPPS dengan membawa KTP dan undangan pemberitahuan memilih," keluhnya. 

Tentang hilangnya hak suara juga dialami Hartini, warga RT 02 RW 01 Kelurahan Napal, Kecamatan Seluma yang mengalami sakit stroke. Ia tak dapat menyalurkan hak suaranya karena sakit dan tak didatangi petugas KPPS. 

BACA JUGA:Sudah Serahkan C1, Bupati Seluma Nyoblos di TPS 4 Lubuk Lintang

 

" Keluarga sudah melapor dan memperlihatkan surat undangan memilih, tapi tak didatangi petugas," ujar  Asnawi, adik ipar Hartini. 

Tidak hanya persoalan hilangnya hak pilih warga, amburadulnya proses pemungutan suara juga terjadi di banyak TPS yang kelebihan surat suara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu