Menjual Durian Mentah Itu Enak, Ini Penjelasannya

 Menjual  Durian Mentah Itu Enak,  Ini Penjelasannya

Proses pengangkutan buah durian kedalam mobil di Kabupaten Kepahiang, Kecamatan Tebat Karai -Nanda Afriandi-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Para petani durian atau hanya sekadar memiliki beberapa pohon durian di Bengkulu lebih suka menjual durian mentah ketimbang menjual durian yang jatuh masak di batang.

Salah seorang petani durian di Kepahiang, Ardelen (50)  mengaku ia  setiap musim durian tiba selalu menjual durian yang masih mentah ketimbang yang masak di batang. Ini dia lakukan karena  enak. Lebih menguntungkan.

''Saya lebih suka menjual durian mentah. Karena, harga yang ditawarkan cukup lumayan. Biasanya 1 buah durian bisa Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Ini tergantung ukuran,'' ujar Ardelen kepada RADARBENGKULU.DISWAY.ID, Sabtu, 18 Februari 2024.

Kemudian, lanjutnya,  untuk pengambilan buah yang ada di pohon langsung dari pembeli. Biasanya buah langsung diambil dari atas pohon dan tidak boleh dijatuhkan. Sehingga menggunakan tali untuk menurunkan buah durian.

"Kemudian alasan saya menjual durian mentah karena proses hingga matang cukup lama dan memakan waktu. Saat proses hingga matang, itu juga harus dijaga. Kalau tidak dijaga, bisa dimakan hewan. Seperti tupai dan monyet,"ujar Ardelen.

Durian yang dia jual biasanya bisa dihitung perbuah dan bisa juga borongan. Ini tergantung kesepakatan antara penjual dan pembeli. ''Sedangkan jumlah durian yang sering saya jual bisa 400 buah durian sekali panen. Saya harap kedepannya semua petani durian sukses dan sejahtera.()

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu