5 Komitmen Pemerintah Provinsi Bengkulu Mengatasi Masalah Stunting dan Capai Target Nasional

5 Komitmen Pemerintah Provinsi Bengkulu Mengatasi Masalah Stunting dan Capai Target Nasional

5 Komitmen Pemerintah Provinsi Bengkulu Mengatasi Masalah Stunting dan Capai Target Nasional-windi-

 

RADAR BENGKULU - Pemerintah Provinsi Bengkulu terus berupaya  untuk menurunkan angka stunting  hingga mencapai target nasional sebesar 14 persen pada  tahun 2024. 

Salah satu langkah strategis yang  diambil adalah melaksanakan Rembuk Stunting  Tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2024 bersama  stakeholder terkait.

Rembuk Stunting ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi berbagai pihak untuk bersinergi dalam menangani permasalahan stunting  di Bengkulu. 

Dari hasil rembuk stunting setidaknya ada 5 komitmen pemerintah dalam mewujudkan Bengkuku bebas stunting.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Bengkulu, Yuliswani, langkah ini merupakan bagian dari upaya untuk memasukkan usulan terkait stunting dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 mendatang.

Yuliswani juga mengungkapkan bahwa data terbaru menunjukkan angka stunting di Bengkulu masih tinggi. Yaitu, mencapai 20,2 persen.

BACA JUGA:Pemprov dan Polda Bengkulu Bahas Keamanan Pemudik dan Ketersediaan Bahan Pokok Selama Idul Fitri Tahun 2024

BACA JUGA:Kapolda Bengkulu Bagikan 100 Paket Sembako di Kabupaten Kaur

Dalam Rembuk Stunting ini, tercapai 5 komitmen bersama yang diharapkan dapat menjadi landasan bagi upaya  penurunan angka stunting di Provinsi Bengkulu.

Komitmen tersebut antara lain menetapkan target percepatan penurunan stunting, peningkatan dukungan anggaran dan kualitas intervensi layanan, peningkatan kinerja kelembagaan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS), peningkatan peran multi-sektor, serta pengembangan praktik baik dan inovasi.

Yuliswani menegaskan pentingnya sosialisasi komitmen bersama ini kepada seluruh stakeholder agar dapat diimplementasikan dengan baik.

"Stunting tidak bisa hanya menjadi tanggung jawab satu instansi, melainkan harus melibatkan semua pihak yang terkait," ujarnya.

BACA JUGA:Tahapan Pilkada 2024 Makin Dekat, 3 Kabupaten di Bengkulu Belum Realisasikan Dana Hibah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: