Bengkulu Selatan Sudah Mulai Gunakan Aplikasi e- Sakip

 Bengkulu Selatan Sudah Mulai Gunakan Aplikasi e- Sakip

Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana, Suwito,S.Sos.MM-Fahmi-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Saat ini untuk nilai Sistem akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip)  Pemerintah Daerah Bengkulu Selatan sudah B.

Artinya, itu sudah baik. Tetapi, masih ada temuan yang harus dilakukan. Yaitu, didalam aplikasi e Sakip. Karena, belum menggunakannya. Untuk itu, Pemerintah Daerah Bengkulu Selatan akan menggunakan aplikasi e-SAKIP REVIU. Sistem aplikasi ini dibangun oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB).

BACA JUGA:KPU Bengkulu Selatan akan Rekrut Ulang PPK dan PPS

 

Kepala Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Suwito S.Sos.MM menyampaikan, aplikasi ini sebagai upaya peningkatan kualitas pelaksanaan akuntabilitas kinerja di lingkungan instansi pemerintah untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran.

"Saat ini kita sedang membangunnya dan sudah kita upload beberapa dokumen - dokumen untuk penilaian. Bahkan kita juga sudah berkoordinasi dengan pihak Bappeda dan kita yakin saat ini sedang berproses. Mudah - mudahan dengan penggunaan aplikasi ini kita bisa meningkatkan nilai SAKIP kita. Karena, selama ini kendala kita aplikasi e Sakip Reviu itu belum ada,"papar Suwito kepada RADARBENGKULU.DISWAY.ID, Minggu, 21 April 2024.

BACA JUGA:Camat Kedurang Ilir Kaget, Bupati Bengkulu Selatan Tinjau Jalan Sentral Produksi yang Akan Diperbaiki

 

Setelah libur lebaran ini,aplikasi e Sakip Reviu ini sudah bisa digunakan. Bahkan sudah membuat kontrak dengan penyedia. Nantinya, KemenPAN RB akan melihat dan menilai dari aplikasi e Sakip reviu yang digunakan salah satunya untuk menilai  akuntabilitas  kerja.

Akunstabilitas kerja yang ada didalam aplikasi e Sakip Reviu, lanjutnya, sederhananya seperti ini. Setiap pejabat bahkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) harus memiliki indikator. Sehingga indikator inilah nanti yang dilihat, apakah keberhasilan itu sudah dicapai. Baik pejabat ataupun seluruh ASN sebagai target indikatornya.

BACA JUGA:Baru Mengingatkan, Dinas Perhubungan Bengkulu Selatan Akan Tegakkan Aturan untuk PKL

 

"Dengan begitu,sesuai dengan harapan Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi,SE.MM, kita targetkan bisa mencapai nilai e Sakip Reviu dengan nilai BB. Untuk itu, kita berharap seluruh ASN bisa melihat indikatornya masing - masing yang nantinya berorientasi kepada hasil. Nantinya setiap hari kerja ASN sudah mengetahui apa yang harus dilakukan,"pungkas Suwito. () 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu