Pemprov Bengkulu Pasang X-Ray di Asrama Haji, Ini Fungsi dan Tujuannya

Pemprov Bengkulu Pasang X-Ray di Asrama Haji, Ini Fungsi dan Tujuannya

X-Ray yang dipasang ini merupakan pembelian langsung oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu, menggantikan praktik penyewaan yang dilakukan setiap tahunnya-poto ilustrasi-

RADAR BENGKULU - Satu unit X-Ray spesifikasi dual view yang memiliki kemampuan pemindaian ganda telah diinstal di Asrama Haji Bengkulu.

Fungsi dan tujuan pemasangan X-Ray ini akan menjadi alat vital selama pelaksanaan pemberangkatan haji pada bulan Mei di Provinsi Bengkulu.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu, Bambang Agus Supra Budi, S.Sos., M.Si., menyatakan bahwa pemasangan X-Ray ini merupakan tindak lanjut dari arahan Kementerian Agama.

"X-ray lagi diinstalasi di Asrama Haji sesuai arahan Kemenag," ungkapnya dalam pesan singkat, Kamis, 25 April 2024.

BACA JUGA:Anggota DPRD Provinsi Bengkulu Tidak Setuju View Tower Dirobohkan, Edwar Samsi: Harusnya Diperbaiki Saja!

BACA JUGA:Waspada Musibah Tanah longsor di Rimbo Pengadang Jalur Lintas Lebong, Ini Langkah Cepat Pemprov Bengkulu

X-Ray yang dipasang ini merupakan pembelian langsung oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu, menggantikan praktik penyewaan yang dilakukan setiap tahunnya.

Alat ini akan menjadi bagian penting dalam menjaga keamanan bandara, khususnya dalam pemeriksaan barang bawaan CJH Bengkulu sebelum dimuat ke dalam pesawat.

"Penggunaan X-ray ini akan membantu dalam mendeteksi barang-barang berbahaya seperti senjata api, senjata tajam, logam, obat-obatan terlarang, dan bahan peledak. Bambang menambahkan bahwa pembelian X-Ray ini dianggarkan sekitar Rp1,5 miliar." Ungkapnya 

BACA JUGA: Menanti Rekomendasi PAN untuk Pilwakot Bengkulu 2024, Bisa Didapat Kopli Ansori ataupun Dedy Wahyudi

BACA JUGA:Pembangunan Jalan Seluma Utara Ditinjau Sekda Seluma

Meskipun idealnya dibutuhkan dua unit X-Ray untuk kebutuhan kargo, namun saat ini baru satu unit yang tersedia. 

", Pemprov Bengkulu biasa menyewa alat X-Ray pada setiap musim haji, namun hal ini dianggap tidak efisien secara finansial." Ujarnya 

Asisten I Setda Provinsi Bengkulu, Drs. Khairil Anwar, M.Si., menjelaskan bahwa pengadaan X-Ray ini akan membantu memenuhi standar internasional dan menghemat anggaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: