Ini Cara Distan Bengkulu Selatan Untuk Memajukan Peternakan

Ini Cara Distan Bengkulu Selatan Untuk  Memajukan Peternakan

Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Selatan, Sakimin S.Pt bersama Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ikat Aliman Maulana,SP melakukan pemantauan terkait pengembangan Paten intensif terpadu untuk kelompok peternak di Desa Tanggo Raso-Fahmi-radarbengkulu

RADARBENGKULU - Bengkulu Selatan saat ini melakukan pengembangan Penumbuhan Kampung Ternak (Peten) Intensif terpadu. Bahkan saat ini penumbuhan Peten ini terus saja berkembang.

Kepala Dinas Pertanian Bengkulu Selatan Sakimin S.Pt melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ikat Aliman Maulana,SP mengatakan, metode sistem beternak ada dua. Yaitu sistem pemeliharaan ekstensif dan intensif.

BACA JUGA:Gusnan Mulyadi Support Kafilah Bengkulu Selatan Saat Pembukaan MTQ

 

Sistem ekstensif adalah pemeliharaan ternak di padang penggembalaan , pola pertanian menetap atau dihutan yang biasa dikenal dengan ternak yang dilibatkan. Sedangkan pola peternakan intensif berarti produksi hewan yang seluruh lingkungannya disediakan untuk memaksimalkan keuntungan dari pemeliharaannya atau ternak yang dikandangkan.

"Hal inilah yang harus kita ubah polanya ditengah masyarakat, dengan harapan peternak di Bengkulu Selatan disebelas Kecamatan semuanya melakukan sistem peternakan instensif terpadu. Sampai saat ini kita sudah mempunyai kampung Peten  instensif terpadu ini ada 21 desa,"papar Ikat diruangnnya Jumat, 7 Juni 2024.

BACA JUGA:Polres Bengkulu Selatan Tertibkan Penjual BBM Eceran, Pertalite Dijual Rp 20.000

 

Program pengembangan Peten intensif terpadu ini, lanjutnya, pihak Dinas Pertanian bukan hanya menyuruh ataupun memerintah masyarakat untuk mengandangkan ternaknya. Kalau nantinya semua ternak sudah dikandangkan, maka Dinas Pertanian akan sepenuhnya melakukan pendampingan kepada peternak.

Mulai dari managemen pakan,pemanfaatan kotoran ternak,kesehatan ternak,bahkan vaksinasi yang diberikan secara gratis.Hal ini membuktikan keseriusan dari Dinas Pertanian untuk memajukan peternakan instensif untuk masyarakat peternak.Bahkan saat ini ada dua kelompok petani ternak yang masih dalam pembinaan di Desa Tanggo Raso, Kecamatan Pino Raya.

BACA JUGA:Ini Pesan Bupati Gusnan Mulyadi, 84 Kelompok Tani Bengkulu Selatan Dapat Bantuan Pompa Air

 

"Bahkan dari hal yang sudah kita lakukan,dengan cara melakukan pendamping kepada peternak intensif,  masyarakat sekitarpun sudah menerima dan mengerti bahwa ternak instensif ini mempunyai banyak manfaat. Seperti dari sisi pakan kita bisa memanfaatkan jerami dan pelepah sawit,perkembangbiakannya bisa dengan cara kawin suntik,yang mana nantinya peternak instensif terpadu ini  harapannya peternak di Bengkulu Selatan bisa maju dan berkualitas,"pungkas Ikat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu