Membanggakan, Kopi 98 Desa Tanjung Aur Terpilih Menjadi Kopi Terbaik Pertama

Membanggakan, Kopi 98 Desa Tanjung Aur Terpilih Menjadi Kopi Terbaik  Pertama

Pelaku UMKM Kopi 98 memperoleh penghargaan Juara Pertama pada Cupping Show BI 2024-Hendri-radarbengkulu

radarbengkuluonline.id, Kaur - - Perlombaan yang digelar Perwakilan  Bank Indonesia Provinsi Bengkulu pada acara Cupping Show membuktikan bahwa kopi Desa Tanjung Aur, Kecamatan Maje Kabupaten Kaur menjadi juara pertama dari 10 peserta pelaku UMKM se-Provinsi Bengkulu yang dibuka langsung Gubernur Bengkulu, Prof. Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, MMA di Bencoolen Mall Bengkulu yang dilaksanakan dari 31 Agustus sampai 1 September 2024. 

Kopi Desa Tanjung Aur ini bermerk kopi sembilan delapan (98) berjenis Robusta Ciari lokal yang ikut serta dalam perlombaan yang dibawa oleh pelaku  UMKM Erfan Kurniawan, binaan Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu yang berdomisili di Desa Tanjung Aur, Kecamatan Maje.

BACA JUGA: Mall Pelayanan Publik Kaur Selesai Dibangun November Ini

BACA JUGA:Pemerintah Kabupaten Kaur Rapat dengan Pengusaha Tambang Mineral

 

Pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Erfan Kurniawan (26) menjelaskan, kopi yang dia jual itu ditanam oleh masyarakat perkebunan wilayah Desa Tanjung Aur. Desa ini terletak berjarak 13 kilometer dari jalan lintas negara, jalan menuju perkebunan sekaligus pemukiman masih tanah merah. Jika musim hujan, jalan licin dan berlumpur menjadi tantangan sehari-hari.

Walaupun begitu, Desa Tanjung Aur memiliki perkebunan kopi lumayan luas  yang menjadi andalan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dan mempunyai potensi kopi yang terbaik di Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Ini Hasil Survei Bank Indonesia di AMDK Berseri dan Komoditas Kopi di Kabupaten Kaur

BACA JUGA:Satlantas Polres Kaur Berbagi Air Bersih di Padang Petron

 

"Hal ini terbukti dari perlombaan yang digelar Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu pada Acara Cupping Show dengan tema "Cerito Kopi dan Teh Bengkulu", kopi yang diolah warganya dari Desa Tanjung Aur, Kabupaten Kaur berhasil menjadi juara pertama dengan merek kopi 98.Juara kedua Bukit Kopi dari Kabupaten Kepahiang. Posisi ketiga diraih Manna Coffee dari Kabupaten Bengkulu Selatan," ujar Erfan saat dihubungi RADAR BENGKULU dikediamannya, Minggu 8 September 2024.

Erfan menambahkan, pertama tentu rasa syukur dan bahagia karena telah mendapatkan juara. Ini juga menjadi motivasi bagi dia sebagai penggiat kopi untuk terus berinovasi, khususnya bagi petani kopi Desa Tanjung Aur. Kedua, terima kasih juga kepada kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Bengkulu yang telah memfasilitasi dia untuk bisa ikut dalam kegiatan ini.

BACA JUGA:Bintara Pembina Desa Koramil Kaur Selatan Pantau Pengeboran Sumur Bor

BACA JUGA:Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah Meredam Konflik Tapal Batas BS-Kaur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarbengkulu